Pengembangan Kemampuan Menyimak Melalui Metode Bercerita pada Anak di TK Negeri 4 Pusat PAUD Bahari Jaya Kelompok B Kabupaten Maros.

Jalil, Nurlina (2015) Pengembangan Kemampuan Menyimak Melalui Metode Bercerita pada Anak di TK Negeri 4 Pusat PAUD Bahari Jaya Kelompok B Kabupaten Maros. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL JURNAL.docx

Download (62kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui gambaran analisis kebutuhan pengembangan kemampuan menyimak melalui metode bercerita pada anak, 2) mengetahui gambaran desain metode bercerita dalam mengembangkan kemampuan menyimak pada anak, 3) mengetahui gambaran tingkat keterlaksanaan metode pembelajaran bercerita pada pengembangan kemampuan menyimak anak. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan pembelajaran dalam mengembangkan kemampuan menyimak melalui metode bercerita pada anak yang dilakukan saat ini di TK Neg.4 Pusat PAUD Bahari Jaya Kab.Maros masih bersifat menoton pada guru dan belum ada proses pembelajaran yang melibatkan anak didik. Pada prinsipnya guru masih berkeyakinan kalau kemampuan menyimak pada anak akan muncul dengan sendirinya tanpa didukung oleh metode pembelajaran yang kreatif dari guru. Berdasarkan fenomena itu dilakukan analisis teoritik dan empirik sehingga disimpulkan bahwa dibutuhkan suatu metode pembelajaran kreatif yang dapat mengembangkan kemampuan menyimak anak. 2) Hasil dari gambaran desain metode bercerita dalam mengembangkan kemampuan menyimak anak disimpulkan bahwa desain ini dilakukan melalui beberapa tahap dimulai dari tahap penyusunan instrument, pemilihan format penilaian, menentukan landasan filosofi dan operasional didapatkan bahwa perlunya suatu buku pedoman metode bercerita untuk guru dalam pelaksanaan pembelajaran dan sebuah rancangan kegiatan anak (RKA). 3) Hasil dari gambaran tingkat keterlaksanaan metode pembelajaran melalui validasi ahli dan pengamatan observer diperoleh kesimpulan bahwa analisis pada angket respon guru (ARG) dan lembar pengamatan aktivitas anak (LPAA) terhadap metode pembelajaran berada pada kategori “baik” sedangkan hasil dalam lima kegiatan bercerita yaitu yang telah dikembangkan berada pada kategori berkembang sesuai harapan (BSH).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Apr 2018 08:24
Last Modified: 10 Apr 2018 08:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7320

Actions (login required)

View Item View Item