Strategi Komunikasi Interpersonal Guru dalam Mengajar Bahasa Inggris pada Salah Satu Sekolah Menengah Atas di Makassar

PERTIWI, SRI ANANDA (2017) Strategi Komunikasi Interpersonal Guru dalam Mengajar Bahasa Inggris pada Salah Satu Sekolah Menengah Atas di Makassar. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
Article Sri Ananda Pertiwi (15B01138).pdf

Download (742kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berupaya menunjukkan strategi komunikasi interpersonal yang digunakan oleh guru perempuan dan laki-laki dalam mengajar bahasa Inggris pada salah satu Sekolah Menengah Atas dan persepsi siswa terhadap strategi komunikasi interpersonal guru mereka. Responden yang dilibatkan yaitu satu guru perempuan, satu guru laki-laki, dan 38 siswa yang telah dipilih dari enam kelas yang berbeda. Penelitian ini menerapkan design penelitian kualitatif deskriptif. Instrumen meliputi observasi kelas sebanyak lima kali pada masing-masing guru perempuan dan laki-laki, dan mewawancarai guru beserta siswa. Data yang terkumpul dianalisa menggunakan analisis data kualitatif Miles and Huberman (1994), yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dalam mengajar bahasa inggris pada Sekolah Menengah Atas menggunakan strategi komunikasi verbal dan nonverbal. Terdapat 18 strategi komunikasi verbal dan 13 nonverbal yang digunakan guru dalam mengajar bahasa Inggris. Selain itu, strategi komunikasi satu arah tidak diterapkan oleh guru Sekolah Menegah Atas dalam mengajar bahasa Inggris. Disisi lain, data menunjukkan tidak terdapat perbedaaan persepsi siswa terkait penerapan strategi komunikasi interpersonal verbal guru perempuan dan laki-laki. Tapi lain halnya dengan komunikasi interpersonal nonverbal, siswa perempuan lebih nyaman ketika disentuh dan dihampiri oleh guru perempuan, sementara siswa laki-laki lebih nyaman ketika disentuh dan dihampiri oleh guru laki-laki. Perbedaan ini menyarankan bahwa guru sebaiknya mempertimbangkan budaya dan preferensi siswa ketika menerapkan strategi komunikasi interpersonal dalam mengajar bahasa Inggris pada Sekolah Menengah Atas.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > BAHASA INGGRIS (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Apr 2018 08:01
Last Modified: 10 Apr 2018 08:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7308

Actions (login required)

View Item View Item