Perbandingan Keefektifan Penerapan Metode Pemberian Tugas Pengajuan Masalah Setting Kooperatif Tipe STAD dan Setting Kooperatif Tipe NHT dalam Pembelajaran Trigonometri Siswa Kelas X MA DDI Alliritengae Maros

AISYAH, SITI (2016) Perbandingan Keefektifan Penerapan Metode Pemberian Tugas Pengajuan Masalah Setting Kooperatif Tipe STAD dan Setting Kooperatif Tipe NHT dalam Pembelajaran Trigonometri Siswa Kelas X MA DDI Alliritengae Maros. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Artikel.docx

Download (213kB)

Abstract

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah penerapan metode pemberian tugas pengajuan masalah setting kooperatif tipe STAD efektif diterapkan dalam pembelajaran trigonometri siswa kelas X MA DDI Alliritengae Kabupaten Maros (2) Apakah penerapan metode pemberian tugas pengajuan masalah setting kooperatif tipe NHT efektif diterapkan dalam pembelajaran trigonometri siswa kelas X MA DDI Alliritengae Kabupaten Maros (3) Apakah metode pemberian tugas pengajuan masalah setting kooperatif tipe NHT lebih efektif diterapkan daripada setting kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran trigonometri siswa kelas X MA DDI Alliritengae Kabupaten Maros. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MA DDI Alliritengae Maros dan sampel yakni kelas X1 sebagai kelas eksperimen I dan kelas X2 sebagai kelas eksperimen II dipilih menggunakan teknik random sampling. Data yang dikumpulkan terdiri data atas hasil belajar, aktivitas siswa, respons siswa terhadap pembelajaran. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) secara deskriptif hasil belajar matematika siswa pada kelas eksperimen I berada pada kategori tinggi, rata-rata gain ternormalisasi berada pada kategori sedang, aktivitas siswa berada pada kategori baik dan respons siswa terhadap pembelajarannya adalah positif. Secara inferensial hasil belajar matematika siswa lebih dari 74,9, rata-rata gain ternormalisasi lebih dari 0,29. Secara umum disimpulkan bahwa pembelajaran metode pemberian tugas pengajuan masalah setting kooperatif tipe STAD efektif untuk diterapkan di kelas X MA DDI Alliritengae Kabupaten Maros. (2) secara deskriptif hasil belajar matematika siswa pada kelas eksperimen II berada pada kategori tinggi, rata-rata gain ternormalisasi berada pada kategori tinggi, aktivitas siswa berada pada kategori sangat baik dan respons siswa terhadap pembelajarannya adalah sangat positif. Secara inferensial hasil belajar matematika siswa lebih dari 74,9, rata-rata gain ternormalisasi lebih dari 0,29. Secara umum disimpulkan bahwa pembelajaran metode pemberian tugas pengajuan masalah setting kooperatif tipe NHT efektif untuk diterapkan di kelas X MA DDI Alliritengae. (3) Hasil uji hipotesis pada taraf signifikan α=0,05 dengan uji-t menunjukkan bahwa metode pemberian tugas pengajuan masalah setting kooperatif tipe NHT lebih efektif daripada metode pemberian tugas pengajuan masalah setting kooperatif tipe STAD di kelas X MA DDI Alliritengae Maros.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 04 Apr 2018 03:44
Last Modified: 04 Apr 2018 03:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6756

Actions (login required)

View Item View Item