Pengaruh Metode Discovery Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Kognitif Pada Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 21 Makassar.

PURWANTI., AYU INDAH (2017) Pengaruh Metode Discovery Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Kognitif Pada Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 21 Makassar. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
BAB I (1-9).docx

Download (28kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan seberapa besar keterampilan proses sains kelompok yang diajarkan menggunakan metode guided discovery, (2) mendeskripsikan seberapa besar keterampilan proses sains kelompok yang diajar secara konvensional (metode free discovery), (3) mendeskripsikan seberapa besar hasil belajar fisika aspek kognitif kelompok yang diajarkan menggunakan metode guided discovery, (4) mendeskripsikan seberapa besar hasil belajar fisika kelompok yang diajar secara konvensional (metode free discovery), (5) menganalisis apakah terdapat perbedaan keterampilan proses sains antara kelompok yang diajar dengan menggunakan metode guided discovery dan kelompok yang diajar secara konvensional (metode free discovery), (6) menganalisis apakah terdapat perbedaan hasil belajar antara kelompok yang diajar dengan menggunakan metode guided discovery dan kelompok yang diajar secara konvensional (metode free discovery. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen sesungguhnya (true eksperimen) dengan posttests only kontrol group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA yang berjumlah delapan kelas. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen diajar dengan metode guided discovery dan kelas kontrol diajar dengan metode konvensional dalam hal ini metode free discovery. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik pengacakan kelas secara random sehingga terpilih kelas XI IPA 7 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 6 sebagai kelas konrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keterampilan proses sains peserta didik yang diajar dengan menerapkan metode guided discovery berada pada ketegori tinggi, (2) keterampilan proses sains peserta didik yang diajar dengan menerapkan metode konvensional (metode free discovery) berada pada ketegori sedang, (3) hasil belajar kognitif peserta didik yang diajar dengan menerapkan metode guided discovery berada pada ketegori tinggi, (4) hasil belajar kognitif peserta didik yang diajar dengan menerapkan metode konvensional (metode free discovery) berada pada ketegori tinggi, (5) terdapat perbedaan keterampilan proses sains antara kelompok yang diajar dengan menggunakan metode guided discovery dan kelompok yang diajar secara konvensional (metode free discovery), (6) terdapat perbedaan hasil belajar antara kelompok yang diajar dengan menggunakan metode guided discovery dan kelompok yang diajar secara konvensional (metode free discovery).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 04 Apr 2018 00:24
Last Modified: 04 Apr 2018 00:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6716

Actions (login required)

View Item View Item