Pengaruh Penerapan Metode Eksperimen Terhadap Kemampuan berfikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Sains Siswa Kelas VI Tiroang Kabupaten Pinrang

JAMALUDDIN., NUR EKA (2016) Pengaruh Penerapan Metode Eksperimen Terhadap Kemampuan berfikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Sains Siswa Kelas VI Tiroang Kabupaten Pinrang. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Jurnal.docx

Download (38kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (i) menggambarkan penerapan metode eksperimen untuk mengetahui kemampuan berfikir kritis pada siswa kelas VI SDN 93 Tiroang Kabupaten Pinrang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan true eksperiment design yaitu dengan pretes dan posttest control group design. Pada penelitian ini terdapat dua variabel: variabel bebas yaitu metode eksperimen dan variable terikat adalah kemampuan berfikir kritis. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SDN 93 Tiroang dan sampel penelitian kelas VI .(ii) Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada keefektifan penggunaan Metode Eksperimen pada pembelajaran Sains SDN 93 Tiroang di Aressie Kecamatan Tiroang Kabupaten Pinrang pada siswa kelas VI semester II tahun ajaran 2015/2016. Penerapan metode eksperimen di kelas VI SDN 93 Tiroang Kabupaten Pinrang terdiri dari mempersiapkan alat bantu/media pembelajaran, memberi penjelasan tentang materi pelajaran sains dengan metode, memperagakan penggunaan alat, memberi tugas pada siswa untuk mencari jawabannya dengan materi pembelajaran sains dan statistik inferensial meliputi: uji normalitas data, homogenitas data, dan uji hipotesis dengan bantuan SPSS 22 for windows. (iii) Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen dengan design eksperimen sebenarnya (true eksperimen design). Dalam melakukan penelitian, peneliti akan memberikan perhatian penuh terhadap kelas eksperimen. Setelah diberikan perlakuan yaitu penerapan metode eksperimen pada kelas eksperimen dan tidak menggunakan metode eksperimen pada kelas kontrol dalam pembelajaran sains maka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berfikir kritis siswa dengan menggunakan metode eksperimen siswa kelas VI SDN 93 Tiroang ada pengaruh peningkatan kemampuan berfikir kritis siswa sebelum dan sesudah diterapkan metode eksperimen pada kedua kelas kontrol dan kelas eksperimen dikategorikan tinggi dengan nilai 87 pada rentang skor. Metode eksperimen efektif diterapkan dalam pembelajaran sains untuk menungkatkan kemampuan berfikir kritis siswa, hal ini dapat dilihat pada nilai p-value < 0,05 yang artinya hipotesis nol (HO) ditolak dan Hipotesis alternative (H1) diterima

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 03 Apr 2018 01:36
Last Modified: 03 Apr 2018 01:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6598

Actions (login required)

View Item View Item