Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas Xi Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Pinrang

TAHIR, MUSTAMIN (2017) Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas Xi Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Pinrang. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
artikel Mustamin.docx

Download (38kB)

Abstract

ABSTRAK Suatu model pembelajaran yang memberikan stimulus ataupun meningkatkan kemampuan siswa untuk memecahkan berbagai masalah baik itu berkaitan dengan kehidupan maupun tidak, dapat mempengaruhi pencapaian tujuan pembelajaran. Salah satu cara yang paling efektif untuk memberikan stimulus ataupun meningkatkan kemampuan siswa untuk memecahkan berbagai masalah adalah model pembelajaran berbasis masalah, model ini adalah suatu model pembelajaran yang mempunyai kelebihan yakni dapat meningkatkan meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah baik itu berkaitan dengan kehidupan sehari-hari maupun tidak, Dengan demikian, sebagai acuan untuk melakukan perlakukan pembelajaran matematika di kelas maka digunakan model pembelajaran berbasis masalah, sehingga pertanyaan yang muncul dalam penelitian ini adalah (1) penerapan model pembelajaran berbasis masalah efektif terhdap pembelajaran matematika siswa kelas XI ADM. Perkantoran SMK Negeri 1 Pinrang? (2) Bagaimanakah hasil belajar sebelum diterapkannya model pembelajaran berbasis masalah kelas XI ADM. Perkantoran SMK Negeri 1 Pinrang? (3) Bagaimanakah hasil belajar setelah diterapkannya model pembelajaran berbasis masalah kelas XI ADM. Perkantoran SMK Negeri 1 Pinrang? (4) Bagaimakah aktivitas siswa pada saat diterapkannya model pembelajaran berbasis masalah kelas XI ADM. Perkantoran SMK Negeri 1 Pinrang? (5) Bagaimanakah respon setelah diterapkannya model pembelajaran berbasis masalah kelas XI ADM. Perkantoran SMK Negeri 1 Pinrang? Tujuan dalam penelitian ini sebagai berikut adalah (1)Untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran berbasis masalah terhadap pembelajaran matematika siswa kelas XI ADM Perkantoran SMK Negeri 1 Pinrang; (2) Untuk mendeskripsikan hasil belajar sebelum model pembelajaran berbasis masalah diterapkan siswa kelas XI ADM Perkantoran SMK Negeri 1 Pinrang; (3) Untuk mendeskripsikan hasil belajar setelah model pembelajaran berbasis masalah diterapkan siswa kelas XI ADM Perkantoran SMK Negeri 1 Pinrang; (4) Untuk mendeskripsikan aktivitas siswa pada saat diterapkannya model pembelajaran berbasis masalah kelas XI ADM. Perkantoran SMK Negeri 1 Pinrang; (5) Untuk mendeskripsikan respon setelah diterapkannya model pembelajaran berbasis masalah kelas XI ADM. Perkantoran SMK Negeri 1 Pinrang. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah efektif diterapkan dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari (1) Rata-rata nilai posttest yang diperoleh sebesar 83,21 secara signifikan sudah melebihi nilai KMM yang telah ditetapkan yakni 78; (2) Nilai gain ternormalisasi yakni 0,54 secara siginifikan sudah berada pada kategori sedang atau melebih 0,3; (3) proporsi jumlah siswa yang tuntas secara signifikan melebihi 85% dari jumlah seluruh siswa; (4) Nilai rata-rata aktivitas siswa 3,3 atau berada pada kategori aktif dan (5) Nilai rata-rata respon siswa terhadap pembelajaran berbasis masalah sebesar 3,1 atau berada pada kategori cenderung positif.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 03 Apr 2018 00:40
Last Modified: 03 Apr 2018 00:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6586

Actions (login required)

View Item View Item