Deskripsi Kemampuan Representasi Matematis Ditinjau dari Self-Efficacy dan Variabel Non-Kognitif Siswa Kelas X SMA Negeri 14 Makassar

MUKHTAR, NURUL MASITA (2017) Deskripsi Kemampuan Representasi Matematis Ditinjau dari Self-Efficacy dan Variabel Non-Kognitif Siswa Kelas X SMA Negeri 14 Makassar. Diploma thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
11. BAB I.pdf

Download (31kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif bertujuan mendeskripsikan kemampuan representasi matematis ditinjau dari selfefficacy dan variabel non-kognitif siswa kelas X SMA Negeri 14 Makassar. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri sebagai instrumen pertama dan instrumen pendukung, yaitu angket self-efficacy, angket status sosial ekonomi orang tua, tes kemampuan representasi matematis, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan: (1) siswa dengan dimensi self-efficacy berdasarkan variabel non-kognitif (gender laki-laki dan gender perempuan) dapat membuat persamaan linear tiga variabel, dapat melibatkan ekspresi matematis untuk menyelesaikan permasalahan pada soal, dapat menyajikan kembali data pada soal ke dalam bentuk tabel dan grafik, tetapi terdapat salah satu subjek tidak dapat menggunakan representasi visual dalam menyelesaikan soal. (2) siswa dengan dimensi self-efficacy berdasarkan variabel non-kognitif (status sosial tinggi dan status sosial rendah) dapat membuat persamaan linear tiga variabel, dapat melibatkan ekspresi matematis untuk menyelesaikan permasalahan, dapat membuat tabel dan grafik dengan tepat, tetapi terdapat salah satu subjek tidak dapat menggunakan representasi visual dalam menyelesaikan soal. (3) siswa dengan variabel non-kognitif (gender laki-laki dan gender perempuan) berdasarkan dimensi self-efficacy dapat membuat model matematis, dapat melibatkan ekspresi matematis untuk menyelesaikan permasalahan dengan benar, dapat membuat tabel dan grafik dengan tepat, tetapi terdapat salah satu gender perempuan tidak dapat menggunakan representasi visual dalam menyelesaikan soal. (4) siswa dengan variabel non-kognitif (status sosial tinggi dan status sosial rendah) berdasarkan dimensi self-efficacy dapat membuat persamaan linear tiga variabel, dapat melibatkan ekspresi matematis, dapat membuat tabel dan grafik, tetapi terdapat salah satu subjek status sosial tinggi tidak dapat menggunakan representasi visual dalam menyelesaikan soal

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
FMIPA
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Mar 2018 03:30
Last Modified: 29 Mar 2018 03:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6309

Actions (login required)

View Item View Item