Pengembangan Model Bahan Ajar Menulis Wacana Eksposisi Berbasis Pendekatan Integratif Untuk Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Bosowa

Asdar, Asdar (2017) Pengembangan Model Bahan Ajar Menulis Wacana Eksposisi Berbasis Pendekatan Integratif Untuk Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Bosowa. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
JURNAL ASDAR.docx

Download (32kB)

Abstract

ABSTRAK Peneltiian ini merupakan penelitian pengembangan model bahan ajar menulis wacana eksposisi berbasis pendekatan integratif yang bertujuan menjelaskan kevalidan, kepraktisan dan keefektifan produk protipe model bahan ajar menulis wacana eksposisi berbasis pendekatan integratif. Permasalahan yang dijadikan topik pembahasan adalah tentang bagaimana kevalidan, kepraktisan dan keefektifan model bahan ajar menulis wacana eksposisi berbasis pendekatan integratif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Bosowa dalam hal ini mahasiswa semester VI yang terdiri dari 3 kelas, yaitu kelas A, B, dan C yang masing-masing terdiri atas 22, 25, dan 30 mahasiswa sehingga jumlah keseluruhan 77 orang. Data terdiri dari data kuantitatif dan data kualitiatif. Data kualitatif diperoleh dengan menggunakan teknik tes, sedangkan data kualitatif diperoleh dengan menggunakan teknik angket, wawancara dan obervasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa dengan dosen membutuhkan model bahan ajar menulis wacana eksposisi berbasis pendekatan integratif. Setelah melalui uji kevalidan, kepraktisan dan keefektifan model bahan ajar menulis wacana eksposisi berbasis pendekatan integratif ini dinyatakan valid dan praktis dari segi materi (isi dan penyajian) dan dari segi media (tata kegrafikan dan kebahasaan). Untuk aspek ini diperoleh skor 4,70, aspek kebahasaan diperoleh skor 3,82, aspek kegrafikan sebesar 4,62, dan aspek kebahasaan diperoleh skor 4,08. Dalam hal keefektifan, model bahan ajar yang dikemas berbasis pendekatan integratif ini efektif digunakan dalam pembelajaran menulis wacana eksposisi yang dibuktikan data hasil belajar menulis wacana eksposisi pada uji coba lapangan sebesar 83% mahasiswa memperoleh nilai 70 ke atas. Demikian pula dalam hal kepraktisan setelah uji coba lapangan dibuktikan bahwa observer memberikan respon rerata 4,00 sehingga model bahan ajar ini dinyatakan praktis. Dengan demikian, melalui hasil penelitian ini direkomendasikan agar model bahan ajar menulis wacana eksposisi berbasis pendekatan integratif ini digunakan dalam pengajaran menulis khususnya menulis wacana eksposisi.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Mar 2018 00:35
Last Modified: 29 Mar 2018 00:35
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6270

Actions (login required)

View Item View Item