Pengaruh Pelaksanaan Model Experiential Learning Terhadap Hasil Belajar IPA SD Inpres Layang Tua II Kota Makassar

RUSTAM, RUSTAM (2016) Pengaruh Pelaksanaan Model Experiential Learning Terhadap Hasil Belajar IPA SD Inpres Layang Tua II Kota Makassar. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (49kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui gambaran pelaksanaan model experiential learning pada murid kelas V SD Inpres Layang Tua II Kota Makassar, (2) mengetahui gambaran hasil belajar IPA murid SD Inpres Layang Tua II Kota Makassar, (3) mengetahui pengaruh pelaksanaan model experiential learning terhadap hasil belajar IPA pada murid SD Inpres Layang Tua II Kota Makassar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen true experiment design dengan melibatkan satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Lokasi penelitian di SD Inpres Layang Tua II Kota Makassar. Desain penelitian ini adalah Pretest-Posttest Control Group Desaign. Populasi penelitian ini adalah murid kelas V SD Inpres Layang Tua II Kota Makassar dengan sampel 20 kelas kontrol dan 20 kelas eksperimen diambil secara acak. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pelaksanaan model experiential learning dan varibel terikat yaitu hasil belajar IPA. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi dan dokumentasi. Insterumen penelitian ini adalah tes hasil belajar IPA dengan butir soal sebanyak 23 dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Data yan diperoleh dianalisis dengan dua jenis statistik yaitu uji statistik deskriptif dan statistik inferensial meliputi: Uji Normalitas Data, Uji Homogenitas Data dan Uji Hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (i) penerapan model experiential learning dalam pembelajaran IPA murid kelas V SD Inpres Layang Tua Kota Makassar yang terdiri dari tahap pengalaman konkrit, refleksi observasi, konsep abstrak dan aplikasi pada umumnya berjalan dengan baik, (ii) hasil belajar IPA murid kelas V SD Inpres Layang Tua II Kota Makassar pada pre-test kelas eksperimen lebih rendah dibandingkan kelas kontrol dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 47 dan kelas kontrol 52. Sedangkan, pada post-test kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 79 dan kelas kontrol 70, (iii) terdapat pengaruh penerapan model experiential learning terhadap hasil belajar IPA murid kelas V SD Inpres Layang Tua II Kota Makassar setelah dilakukan uji hipotesis yaitu 0,004 < 0,05.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Pendidikan Dasar s2
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Mar 2018 07:20
Last Modified: 28 Mar 2018 07:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6236

Actions (login required)

View Item View Item