LILING, YESCEE LESTARY (2017) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Perbaikan Periferal Berbasis Kontekstual di SMKN 2 Enrekang. S1 thesis, pascasarjan.
Text
ARTIKEL YESSI.docx Download (30kB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan perangkat pembelajaran perbaikan periferal berbasis kontekstual dan untuk mengetahui perangkat pembelajaran perbaikan peripheral berbasis kontekstual meliputi valid, praktis dan efektif di Sekolah Menengah Kejuruan. Jenis penelitian ini merupakan Research and Development (R & D) dengan mengembangkan perangkat pembelajaran meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), modul dan media pembelajaran. Subjek penelitian adalah siswa kelas X TKJ dengan jumlah 30 orang sebagai tempat uji coba terbatas. Prosedur pengembangan perangkat pembelajaran perbaikan peripheral berbasis kontekstual di SMKN 2 Enrekang, tahap pertama tahap investigasi awal, tahap desain, tahap realisasi/konstruksi, tahap tes, evaluasi, revisi dan tahap sosialisasi. Hasil pengambangan berupa draft RPP, modul pembelajaran, media pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru dan siswa pada materi perbaikan periferal. Dalam uji ahli, RPP, modul, dan media, mengalami beberapa revisi sebelum disosialisasikan di lapangan sampai diperoleh Rencana Pelaksanaa Pembelajaran (RPP), modul dan media pembelajaran dikatakan valid, praktis dan efektif. Hasil validasi perangkat pembelajaran dengan nilai rata-rata kevalidan adalah 4,0. Kepraktisan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria dengan memberikan kemudahan guru dan peserta didik dalam melaksanakannya dan efektifitas perangkat pembelajaran juga memenuhi kriteria dengan melihat respon positif peserta didik dengan persentase 70% setuju dan 30% sangat setuju.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA |
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 27 Mar 2018 00:22 |
Last Modified: | 27 Mar 2018 00:22 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6072 |
Actions (login required)
View Item |