”Peningkatan Kemampuan Menulis Paragraf Deskripsi melalui Media Foto siswa Kelas X SMA Barrang Lompo Makassar”

Nursinar, Nursinar (2013) ”Peningkatan Kemampuan Menulis Paragraf Deskripsi melalui Media Foto siswa Kelas X SMA Barrang Lompo Makassar”. Diploma thesis, FBS.

[img] Text
BAB I.docx

Download (26kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untukmendeskripsikan (1) peningkatan kualitas proses belajar siswa kelas X SMA Barrang Lompo Makassar dalam menulis paragraf deskripsi melalui media foto, (2) peningkatan kualitas hasil belajar siswa kelas X SMA Barrang Lompo Makassar dalam menulis paragraf deskripsi melalui media foto.Penelitian ini bersifat penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XSMABarrang Lompo Makassar yang berjumlah 35 orang dan satu orang guru. Pengambilan data dilakukan melalui tes dan nontes. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan melalui langkah menelaah data, reduksi data, menyajikan data, dan menyimpulkan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan pada (1) kualitas proses belajar, dan (2) hasil belajar siswa kelas X SMABarrang Lompo Makassar dalam menulis paragraf deskripsi melalui media foto. Peningkatan kualitas proses belajar siswa terlihat pada banyaknya siswa yang antusias terhadap materi pembelajaran. Selain itu, siswa juga terlihat mulai memberikan respon positif terhadap pembelajaran dengan bertanya atau menjawab pertanyaan guru. Selanjutnya, siswa juga lebih aktif berdiskusi dan menyumbangkan ide kepada temannya. Peningkatan pada hasil pembelajaran terlihat dari hasil penilaian tes siswa yang didasarkan pada tiga ranah penilaian, yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik. Nilai rata-rata siswa secara keseluruhan pada siklus I sebesar 67, sedangkan pada siklus II sebesar 79,7. Hal ini menunjukkan terjadi peningkatan hasil pembelajaran sebesar 12,7 (13,36%). Sesuai dengan hasil penelitian ini diajukan saranyaitu guru mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia kelas X SMA Barrang Lompo Makassar dapat mengarahkan siswa untuk mengoptimalkan kemampuan mereka dalam menulis paragraf deskripsi dengan menggunakan media yang lebih variatif salah satunya adalah media foto. Pengetahuan dan pengalaman guru kelas X SMA Barrang Lompo Makassar media fotodi kelas dapat lebih ditingkatkan dengan memperbanyak referensi mengenai media foto sehingga dalam penerapannya dapat menjadikan siswa lebih kreatif menulis deskripsi.Selain itu, disarankan kepada peneliti lain agar melakukan penelitian lanjutan pada aspek yang berbeda untuk menambah khasanah ilmu bahasa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Feb 2018 05:38
Last Modified: 27 Feb 2018 05:38
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5014

Actions (login required)

View Item View Item