“Problematik Guru Bahasa dan Sastra Indonesia SMP Negeri 26 Makassar”

Ardila, Rahmatia (2016) “Problematik Guru Bahasa dan Sastra Indonesia SMP Negeri 26 Makassar”. Diploma thesis, FBS.

[img] Text
BAB I.docx

Download (33kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan problematik yang dihadapi oleh guru Bahasa dan Sastra Indonesia SMP Negeri 26 Makassar dalam penerapan Kurikulum 2013 pada komponen perencanaan, (2) mendeskripsikan problematik yang dihadapi oleh guru Bahasa dan Sastra Indonesia SMP Negeri 26 Makassar dalam penerapan Kurikulum 2013 pada komponen pelaksanaan, dan (3) mendeskripsikan problematik yang dihadapi oleh guru Bahasa dan Sastra Indonesia SMP Negeri 26 Makassar dalam penerapan Kurikulum 2013 pada komponen evaluasi. Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif Kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru Bahasa dan Sastra Indonesia SMP Negeri 26 Makassar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan teknik catat. Keseluruhan data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) problematik yang dihadapi guru Bahasa dan Sastra Indonesia pada aspek perencanaan pembelajaran adalah kurangnya sarana belajar, seperti daftar literatur buku pelajaran Bahasa Indonesia, (2) pelaksanaan proses belajar mengajar adalah sarana (media dan alat bantu pembelajaran), penerapan model-model pembelajaran dalam Kurikulum 2013, dan pembuatan bahan ajar yang berbeda-beda setiap pertemuan, (3) pelaksanaan evaluasi pengajaran adalah penyusunan soal yang dimuat sesuai dengan indikator untuk diujikan pada siswa tidak mencapai standar ketuntasan. Bedasarkan hasil penelitian ini, saran untuk guru atau calon guru Bahasa dan Sastra Indonesia, hendaknya lebih memahami muatan-muatan Kurikulum 2013 baik dalam aspek perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Guru lebih aktif dan bersemangat dalam berdiskusi, mengikuti kegiatan seminar, diklat, mencari dan berbagi informasi tentang kurikulum 2013 sehingga lebih mudah dalam mendalami dan menelaah tentang Kurikulum 2013, khususnya dalam aspek perencanaan pembelajaran, proses belajar mengajar, dan evaluasi pengajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Feb 2018 07:03
Last Modified: 26 Feb 2018 07:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4957

Actions (login required)

View Item View Item