Deskripsi Perilaku dan Pemanfaatan Waktu Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Ditinjau Dari Prestasi Belajar Matematika

AFRIANA, RISKA (2017) Deskripsi Perilaku dan Pemanfaatan Waktu Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Ditinjau Dari Prestasi Belajar Matematika. S1 thesis, PASCASARJANA.

[img]
Preview
Text
riska afriana.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Yang bertujuan untuk mengetahui perilaku dan pemanfaatan waktu belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar yang mengajar di lembaga bimbingan belajar ditinjau dari prestasi belajar matematika. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Matematika semester VI yang di kelompokkan ke dalam 3 kategori yaitu tinggi, sedang, dan rendah dengan masing-masing terdiri dari 1 orang mahasiswa, sebanyak 3 orang. Peneliti bertindak sebagai instrumen utama yang dipadu dengan tes, pembagian angket, pedoman wawancara serta melakukan triangulasi sumber untuk mendapatkan data yang valid Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)Mahasiswa yang berkategori tinggi memiliki perilaku belajar yaitu terbentuk kebiasaan dalam mengikuti perkuliahan, berpartisipasi aktif dalam kelas, memiliki penempatan posisi duduk, mengerjakan dan mengumpulkan tugas baik individu ataupun kelompok, melakukan persiapan dalam menghadapi ujian. (2)Mahasiswa yang berkategori sedang memiliki perilaku belajar yaitu terbentuk kebiasaan dalam mengikuti perkuliahan, berpartisipasi aktif dalam kelas, mengerjakan dan mengumpulkan tugas baik individu ataupun kelompok. (3)Mahasiswa yang berkategori rendah memiliki perilaku belajar yaitu terbentuk kebiasaan dalam mengikuti perkuliahan, berpartisipasi aktif dalam kelas, memiliki penempatan posisi duduk, mengerjakan dan mengumpulkan tugas baik individu ataupun kelompok. (4)Mahasiswa yang berkategori tinggi memiliki pemanfaatan waktu belajar, membuat perencanaan waktu belajar yaitu pada malam hari, membagi waktu belajar dan bekerja, konsisten terhadap waktu yang ditentukan, mengantisipasi waktu belajar. (5)Mahasiswa yang berkategori sedang memiliki pemanfaatan waktu belajar, membagi waktu belajar dan mengajar dilembaga bimbingan belajar, konsisten terhadap waktu yang telah ditentukan (6)Mahasiswa yang berkategori rendah memiliki pemanfaatan waktu belajar, membagi waktu belajar dan bekerja atau meluangkan waktu untuk belajar di lembaga bimbingan belajar, konsisten terhadap waktu yang telah ditentukan. Kata Kunci: Perilaku Belajar, Pemanfaatan Waktu Belajar, Prestasi Belajar, Lembaga Bimbingan Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Jan 2018 05:56
Last Modified: 02 Jan 2018 06:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4437

Actions (login required)

View Item View Item