Identifikasi Miskonsepsi Guru Biologi di Kota Makassar pada Konsep Sel dengan Menggunakan Metode CRI (Certanity Respon Index

I SYAHDAN, ULIL ARD (2017) Identifikasi Miskonsepsi Guru Biologi di Kota Makassar pada Konsep Sel dengan Menggunakan Metode CRI (Certanity Respon Index. S1 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
ULIL ARDI SYAHDAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (i) Untuk mengetahui tingkat pemahaman Guru-Guru Biologi di Kota Makassar pada konsep sel dan yang mengalami miskonsepsi, paham konsep dan tidak paham tentang konsep sel, (ii) Untuk mengidentifikasi pada kompetensi dasar (KD) mana dari konsep sel yang menjadi miskonsepsi Guru-Guru Biologi di Kota Makassar, (iii) Untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab terjadinya miskonsepsi Guru-Guru Biologi di Kota Makassar pada konsep sel. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif. Pada penelitian ini digunakan metode CRI (Certainty of Response Index) untuk mengidentifikasi miskonsepsi guru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Guru Biologi di Kota Makassar yang telah tersertifikasi dan telah mengikuti UKG pada tahun 2015. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 22 Guru Biologi diambil secara puposive dengan berdasarkan keterwakilan sekolah di Kota Makassar. Instrumen yang digunakan berupa tes diagnostik berbentuk pilihan ganda beralasan yang dilengkapi dengan nilai CRI dan wawancara terstruktur untuk mengetahui penyebab miskonsepsi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi miskonsepsi pada 6 Kompetensi Dasar (KD) tentang konsep Sel yang diteliti dengan persentase yang mengalami miskonsepsi, paham konsep, dan tidak paham konsep berturut-turut sebesar 40.13%, 49.10% dan 10.77%. Persentase guru Biologi yang mengalami miskonsepsi tertinggi terdapat pada KD nomor 2 sebesar 55.68%. Faktor-faktor yang menjadi penyebab miskonsepsi pada guru Biologi di Kota Makassar pada konsep sel adalah kemampuan penalaran guru Biologi di Kota Makassar yang kurang, retensi pengetahuan yang didapatkan di bangku kuliah, kurangnya sumber belajar yang dijadikan sebagai rujukan, istilah-istilah yang sulit dipahami, serta minat belajar guru Biologi di Kota Makassar terhadap konsep sel. Kata Kunci: Miskonsepsi, CRI (Certainty of Response Index), Konsep Sel.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 22 Dec 2017 07:53
Last Modified: 22 Dec 2017 07:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4391

Actions (login required)

View Item View Item