PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DASAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED-INQUIRY) SISWA KELAS X2 SMA NEGERI 2 SENGKANG

Palennari, M and Satar, S and Saenab, S (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DASAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED-INQUIRY) SISWA KELAS X2 SMA NEGERI 2 SENGKANG. In: Seminar Nasional Biologi Unhas, 28 Maret 2016, UNHAS, Makassar.

[img] Text
MUHIDDIN_UNM_MAKALAH SEMNAS BIO.docx

Download (54kB)

Abstract

Model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk mengembangkan dan meningkatkan keterampilan proses sains dasar pada saat pelajaran. Keterampilan proses sains dasar yang dapat dapat dikembangkan antara lain mengobservasi, mengklasifikasi, menyimpulkan suatu masalah pembelajaran dan komunikasi yang baik antar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama dua siklus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan meningkatkan keterampilan proses sains dasar melalui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided-Inquiry). Subjek penelitian yaitu siswa kelas X2 SMA Negeri 2 Sengkang. Pengumpulan data dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015. Data penelitian yang dikumpulkan adalah aktivitas keterampilan proses sains dasar dengan menggunakan lembar observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata keterampilan proses sains dasar pada siklus I sebesar 44%, sedangkan pada siklus II sebesar 71%, sehingga selisih peningkatannya sebesar 27%. Dengan demikian disimpulkan bahwa bahwa penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan keterampilan proses sains dasar.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN BIOLOGI - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: Dr Muhiddin Palennari
Date Deposited: 07 Nov 2017 14:11
Last Modified: 07 Nov 2017 14:12
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3882

Actions (login required)

View Item View Item