Items where Subject is "FMIPA > PENDIDIKAN BIOLOGI - (S1)"

Up a level
Export as [feed] Atom [feed] RSS 1.0 [feed] RSS 2.0
Group by: Creators | Item Type
Jump to: A | B | D | E | F | G | H | I | K | L | M | N | P | Q | R | S | T | U | Y | Z
Number of items at this level: 148.

A

AIMAH, UMMU (2013) Keefektifan Penerapan Strategi Pembelajaran Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA pada Materi Sistem Reproduksi Manusia. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

ANSHARY, MUH. (2014) Perbedaan Keterampilan Metakognitif dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Antara Siswa yang Dibelajarkan Melalui Strategi Inkuiri Terintegrasi Model PBL (Problem Based Learning) dengan Strategi Inkuiri Terintegrasi Model Kooperatif Tipe Jigsaw. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

ASMAH, SITTI (2013) Hubungan Sumber Belajar dan Kreativitas dengan Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa Program Studi Biologi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Bone. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

AZ-ZAHRA, WIDTARTI (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Diploma thesis, UNIVERSIOTAS NEGERI MAKASSAR.

Abdias, Ricci and Jago Duda, Hilarius and Essi Utami, Yuniarti and Bahri, Arsad (2019) Pengembangan Bahan Ajar Biologi Berbasis Kinerja pada Materi Protista. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 4 (2). pp. 75-83. ISSN 2540-802X

Adnan, Adnan and Bahri, Arsad (2018) Beyond effective teaching: Enhancing students’ metacognitive skill through guided inquiry. Journal of Physics: Conf. Series, 954. pp. 1-5.

Adnan, Adnan and Bahri, Arsad (2011) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BIOLOGI PADA MATA PELAJARAN IPA TERPADU BERBASIS KONSTRUKTIVISME UNTUK PENCAPAIAN STANDAR KOMPETENSI KEANEKARAGAMAN MAHLUK HIDUP. Universitas Negeri Makassar. (Unpublished)

Adnan dan Arsad Bahri (2019) PUPUK ORGANIK CAIR DAN CARA PEMBUATANNYA. P00201906567.

Adnan, Adnan and Bahri, Arsad and Hambali, Hilmi and Thahir, Rahmatia and Magfira, Nurul (2016) Biologi Umum: Panduan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. UIN Alauddin Press. ISBN 9786023282111

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (2021) Proses Pembuatan Pupuk Organik Cair dan Produk yang dihasilkannya. IDP000080531.

Adnan, Adnan and Usman, Mulbar and sugiarti, sugiarti and Bahri, Arsad (2021) Biology Science Literacy of Junior High School Students in South Sulawesi, Indonesia. Biology Science Literacy of Junior High School Students in South Sulawesi, Indonesia, 1752. ISSN 1742-6596

Adnan, Adnan and Usman, Usman and sugiarti, sugiarti and Bahri, Arsad (2021) Scientific Literacy Skills of Students: Problem of Biology Teaching in Junior High School in South Sulawesi, Indonesia. International Journal of Instruction, 14 (3). pp. 847-860. ISSN e-ISSN: 1308-1470 p-ISSN: 1694-609x

Ainun, Nur Aisyah (2021) Validasi Instrumen Penilaian Terintegrasi Keterampilan Berpikir Kritis, Keterampilan Berpikir Kreatif, dan Hasil Belajar Kognitif Biologi. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Akbar, Fauzan and Bahri, Arsad (2017) Potensi Model PjBL (Project-Based Learning) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik dengan Gaya Belajar Berbeda. SAINSMAT "Jurnal Sains, Matematika, dan Pembelajarannya, 6 (1). pp. 95-106. ISSN 2086-6755

Akhmad, Wahyuni (2021) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI SISTEM INDERA MANUSIA SISWA SMA NEGERI 8 MAKASSAR. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Amalia, Aisyah Reski (2022) Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Gerak Kelas XI SMAN 8 Gowa. Universitas Negeri Makassar.

Ariaty B, eka and Daud, Firdaus and Bahri, Arsad (2020) Hubungan Pengetahuan dan Sikap dengan Pemeliharaan Instalasi Pengolahan Air Limbah Komunal Berbasis Masyarakat di Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Jurnal Biology Teaching and Learning, 3 (1). pp. 77-81. ISSN 2621 – 5535

Ariesta, Deasy (2017) Pengaruh Pemberian Jurnal Refleksi terhadap Respon dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Sungguminasa pada Materi Sistem Sirkulasi. Diploma thesis, FMIPA.

Arifin, arifah novia and Bahri, Arsad and Palennari, M and Saputra, yogi (2020) Pengembangan Sumber Belajar Genetika Berbasis E-Magazine Bagi Siswa SMA. In: Prosiding Seminar Nasional Biologi, LP2M UNM.

Arsal, Andi Faridah and Dirawan, Gufran Darma and Hala, Yusminah and Tahmir, Suradi and Arifin, arifah novia and Bahri, Arsad (2017) Identifiksi Sumber Belajar pada Pembelajaran Berbasis Lingkungan di Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar. SAINSMAT "Jurnal Sains, Matematika, dan Pembelajarannya", 6 (2). pp. 73-83. ISSN 2086-6755

Ashriah, Sitti (2020) KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK YANG DIAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PJBL DAN MODEL KONVENSIONAL MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Asih, Luklu Susiati and Palennari, M and Bahri, Arsad (2020) Profil Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa SMA Pada Pembelajaran Biologi kelas XI MIA Materi Sistem Eksresi sekecamatan Biringkanaya Kota Makassar. In: Prosiding Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya, 7 November 2020, FMIPA UNIMED.

Asrifah Ramly, zakiah and Muhammad, Akbar and Muhammad, Ikhbar Ihsan and Bahri, Arsad (2020) Bioetanol Nira Lontar: Green Energy Alternatif Masa Depan. Bionature, 21 (1). pp. 48-56. ISSN 2654 - 5160

AstutI, AstutI and Abd. Muis, Abd. Muis and Pagarra, Halifah (2021) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS MICROSOFT POWERPOINT MACRO-ENABLED PRESENTATION PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH PADA MANUSIA KELAS XI SMA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Aulia Putri, Syalsa and Muhammad, Fiqri and Bahri, Arsad (2021) Isolation of Poly-β-hydroxybutyrate (PHB) Producing Bacteria from Sago Dregs and Sugarcane Solid Waste. Indonesian Journal of Fundamental Studies, 7 (1). pp. 8-17. ISSN 2621-6728

Azis, A. asmawati and Adnan, Adnan and Bahri, Arsad (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN PROSES KOGNISI MAHASISWA MELALUI PENGGUNAAN LEMBAR KERJA. In: SEMINAR NASIONAL LESSON STUDY 4, Malang.

Azis, Andi Asmawati and Muharram, Muharram and Idris, Irma Suryani and Bahri, Arsad and Mulawarman, Andi (2012) PENGEMBANGAN MODEL PENYULUHAN KELUARGA BERENCANA ALAMI UNTUK MENGONTROL KEHAMILAN PADA PASANGAN USIA SUBUR DI KOTA MAKASSAR. Universitas Negeri Makassar. (Unpublished)

Azizah, Aulia and Bahri, Arsad and Syamsiah, Syamsiah (2020) Retensi Kognitif Biologi Siswa Sekolah Menengah Atas pada Pembelajaran Kooperatif Jigsaw. Jurnal Biology Teaching and Learning, 3 (1). pp. 148-155. ISSN 2621 – 5535

a irma, suryani Pemanfaatan pestisida nabati dan musuh alami serangga dalam mengendalikan hama pertanian. In: Cetakan I: Oktober 2018 oleh CV Berkah Utami. Pusaka Almaida, Makassar. ISBN 978-602-5954-92-4 (In Press)

B

BACHTIAR, SUHAEDIR (2013) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis, Kesadaran Metakognitif dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Pada Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 1 Binamu. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Bahri, Arsad (2016) Exploring the Correlation between Metacognitive Skills and Retention of Students in Different Learning Strategies in Biology Classroom. In: 3rd International Conference on Mathematics, Science, Technology, Education, and their Applications, 3-4 October, Makassar.

Bahri, Arsad (2017) PEMBELAJARAN ABAD 21: MEMBERDAYAKAN KETERAMPILAN BERPIKIR DAN MENUMBUHKAN KARAKTER PESERTA DIDIK. PROSIDING Editor: Mahfud, S.Pd., M.Si Ihwan, S.Pd., M.Si Ivo Basri K., S.Si., M.Pd Uslan, S.Pd., M.Si PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH KUPANG KUPANG 2017 SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN BIOLOGI DA. pp. 7-18. ISSN 978-602-50719-0-4

Bahri, Arsad (2017) PEMBELAJARAN ABAD 21: MEMBERDAYAKAN KETERAMPILAN BERPIKIR DAN MENUMBUHKAN KARAKTER PESERTA DIDIK. In: SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN BIOLOGI DAN SAINS BIOLOGI KE-2, 23 September 2017, Universitas Muhammadiyah Kupang.

Bahri, Arsad (2015) PEMBERDAYAAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF DAN PENGEMBANGAN KARAKTER MAHASISWA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DIPADU READING, QUESTIONING, AND ANSWERING (RQA) PADA PERKULIAHAN BIOLOGI DASAR. Universitas Negeri Makassar. (Unpublished)

Bahri, Arsad (2016) PENGARUH STRATEGI PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERINTEGRASI READING, QUESTIONING, AND ANSWERING (RQA) PADA PERKULIAHAN BIOLOGI DASAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR, KETERAMPILAN METAKOGNITIF, HASIL BELAJAR KOGNITIF, RETENSI, DAN KARAKTER MAHASISWA BERKEMAMPUAN AKADEMIK BERBEDA. S2 thesis, Universitas Negeri Malang.

Bahri, Arsad (2018) Pengaruh Strategi Pembelajaran Reading Questioning and Answering (RQA) Pada Perkuliahan Fisiologi Hewan terhadap Kesadaran Metakognitif, Keterampilan Metakognitif dan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Makassar. Kemenkumham RI.

Bahri, Arsad (2016) STRATEGI PEMBELAJARAN READING QUESTIONING AND ANSWERING (RQA) PADA PERKULIAHAN FISIOLOGI HEWAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MAHASISWA. BIONATURE "Jurnal Kajian, Penelitian, dan Pengajaran Biologi", 17 (2). pp. 106-113. ISSN 1411-4720

Bahri, Arsad (2018) Strategi PBLRQA, Integrasi Strategi Problem-based Learning (PBL) dengan Strategi Reading, Questioning, and Answering (RQA). Kemenkumham RI.

Bahri, Arsad (2017) Strategi Problem-Based Learning (PBL) Terintegrasi Reading Questioning and Answering (RQA) Meningkatkan Retensi Mahasiswa Berkemampuan Akademik Berbeda. In: Simposium Nasional MIPA Universitas Negeri Makassar,, 25 Februari 2017, Makassar.

Bahri, Arsad and Adnan, Adnan and Ismail, Ismail (2017) MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MAHASISWA DENGAN PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING. In: Seminar Nasional Pendidikan Biologi, 30 September 2017, Universitas Mataram.

Bahri, Arsad and Arfan, Amal hshzsh. UNSPECIFIED.

Bahri, Arsad and Arifin, arifah novia and Saparuddin, Saparuddin and Ahmad, Abrar (2021) Pengembangan E-ModuL Biologi Untuk Siswa SMA Kelas XII. In: Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, LP2M UNM.

Bahri, Arsad and Asrifah Ramly, zakiah and Saddatin Nur, Miftah and Pagarra, Halifah and Saparuddin, Saparuddin and Muh., Arifuddin and Muh., Jibran Nidhal Fikri (2020) Android-Based Mobile Learning Supported the Independent Learning of Senior High School Students in Covid-19 Pandemic. In: Prosiding International Conference on Science and Advanced Technology (ICSAT),, LP2M UNM.

Bahri, Arsad and Azis, Andi Asmawati and Amin, Nur Fadillah (2012) Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Question Student Have dan Kemampuan Akademik Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VIII SMPN 2 Camba. SAINSMAT "Jurnal Sains, Matematika, dan Pembelajarannya, 1 (1). pp. 41-51. ISSN 2086-6755

Bahri, Arsad and Corebima, Aloysius Duran (2015) THE CONTRIBUTION OF LEARNING MOTIVATION AND METACOGNITIVE SKILL ON COGNITIVE LEARNING OUTCOME OF STUDENTS WITHIN DIFFERENT LEARNING STRATEGIES. Journal of Baltic Science Education, 14 (4). pp. 487-500. ISSN 1648-3898

Bahri, Arsad and Corebima, Aloysius Duran (2019) Improving PBL in Empowering Meta cognitive Skill of Students. Indian Journal of Science and Technology, 12 (17). pp. 1-9. ISSN 0974-5645

Bahri, Arsad and Corebima, Aloysius Duran and Amin, Mohamad and Zubaidah, Siti (2016) Potensi Strategi Problem-based Learning (PBL) Terintegrasi Reading Questioning And Answering (RQA) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa Berkemampuan Akademik Berbeda. Jurnal Pendidikan Sains, 4 (2). pp. 49-59.

Bahri, Arsad and Idris, Irma Suryani (2018) Development and Validation of Learning Strategy for Metacognitive Skills Empowerment: PBLRQA (PBL integrated with Reading, Questioning, and Answering). Journal of Physics: Conf. Series, 1028. pp. 1-8.

Bahri, Arsad and Idris, Irma Suryani (2017) PENGEMBANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN PBL-RQA (INTEGRASI PROBLEM BASED LEARNING DAN READING, QUESTIONING, & ANSWERING) UNTUK MEMBERDAYAKAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF DAN RETENSI MAHASISWA. Universitas Negeri Makassar. (Unpublished)

Bahri, Arsad and Idris, Irma Suryani (2017) Teaching Thinking: Memberdayakan Keterampilan Metakognitif Mahasiswa melalui PBLRQA (Integrasi Problem-based Learning dan Reading, Questioning, & Answering). In: Seminar Nasional Lembaga Penelitian "Membangun Indonesia Melalui Hasil Riset", ISBN : 978-602-6883-93-3, 26 Agustus 2017, Universitas Negeri Makassar.

Bahri, Arsad and Idris, Irma Suryani and Hasmunarti, Muis and Muh., Jibran (2021) Blended Learning Integrated with Innovative Learning Strategy to Improve Self-Regulated Learning. Journal of Physics: Conference Series, 14 (1). pp. 779-794. ISSN 1308-1470

Bahri, Arsad and Idris, Irma Suryani and Samsidi, Nurjannah H. (2019) Retensi Kognitif Biologi dan Sikap Ilmiah Siswa Berkemampuan Akademik Berbeda pada Strategi PBLRQA Dipadu Jurnal Belajar. SAINSMAT "Jurnal Sains, Matematika, dan Pembelajarannya, 8 (1). pp. 85-97. ISSN 2086-6755

Bahri, Arsad and Ismail, Ismail and Adnan, Adnan (2017) Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Aktivitas Belajar dan Keterampilan Metakognitif Mahasiswa pada Perkuliahan Struktur Hewan. Universitas Negeri Makassar. (Unpublished)

Bahri, Arsad and Jamaluddin, Asham Bin and Andi, Muharni and Mjn, Fikri and Muh., Arifuddin (2021) The Need of Science Learning to Empower High Order Thinking Skills in 21st Century. Journal of Physics: Conference Series, 1899. ISSN 1742-6596

Bahri, Arsad and Jamaluddin, Asham Bin and Arifin, arifah novia and Saparuddin, Saparuddin Students’ and Teachers’ Digital Literacy Skill: A Comparative Study between Schools, Classes, and Genders in Urban and Rural Areas. International Journal of Science of Research, 11 (2). ISSN 2319-7064

Bahri, Arsad and Musmuliadi, Nurazizah and Palennari, Muhiddin (2017) PEMBELAJARAN EFEKTIF: MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENGGUNAAN LEMBAR KERJA BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING. Jurnal Penelitian Pendidikan Insani, 20 (2). pp. 73-79. ISSN 0854-3712

Bahri, Arsad and Nurhayati, Nurhayati and Hudiah, Andi and Saleh, Andi Rahmat (2016) Pengembangan Resep Subtitusi Tepung Beras sebagai Upaya Diversifikasi Makanan Tradisional Suku Bugis Makassar. Universitas Negeri Makassar. (Unpublished)

Bahri, Arsad and Nurhayati, Nurhayati and Hudiah, Andi and Saleh, Andi Rahmat (2016) Substitusi Tepung Beras Dengan Tepung Jagung dan Singkong Pada Makanan Tradisional: Pembelajaran Bagi Masyarakat Suku Bugis Makassar. In: Seminar dan Workshop Nasional Inovasi Pembelajaran Melalui Hypnoteaching, Hypnolearning, dan Hypnoleader, 19 November 2016, Makassar.

Bahri, Arsad and Nurhayati, Nurhayati and Sigarra, Dhia Fajrianti (2019) Blended Learning Method Integrated with Bloom–Rederker–Guerra (B–R–G): Model to Enhance Self-Regulated Learner. In: 1st International Conference on Advanced Multidisciplinary Research (ICAMR 2018), October, 6-7, 2018, Makassar, Indonesia.

Bahri, Arsad and Palennari, Muhiddin and Hardianto, Hardianto and Andi, Muharni and Muh., Arifuddin (2021) Problem Based Learning To Developed Student Character in Biology Classrom. Asia Pasific Forum on Science Learning And Teaching, 20 (2). ISSN 1609-49131

Bahri, Arsad and Palennari, Muhiddin and Saparuddin, Saparuddin (2021) Integrasi Budaya Lokal Sipakatau untuk Memberdayakan HOTS dan Karakter Mahasiswa. Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.

Bahri, Arsad and Putriana, Devi and Idris, Irma Suryani (2018) Peran PBL dalam Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Biologi. SAINSMAT "Jurnal Sains, Matematika, dan Pembelajarannya, 7 (2). pp. 114-124. ISSN 2086-6755

Bahri, Arsad and Syamsiah, Syamsiah and Agni, Raya (2011) Pengaruh Pendekatan Inquiry dan Discovery Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Walenrang. BIONATURE "Jurnal Kajian, Penelitian, dan Pengajaran Biologi", 12 (2). pp. 110-122. ISSN 1411-4720

Bahri, Bahri and Ahmad, Abrar and Arifin, arifah novia (2021) Needs Analysis of Development Higher Order Thinking Skills-based E-module for Students High School. Indonesian Journal of Educational Studies, 24 (1). pp. 72-79. ISSN 2621-6744

D

Daud, Firdaus and Adnan, Adnan and Bahri, Arsad and A N, Arifin and A C, Pratiwi (2021) Characteristics of Disaster Mitigation Training Model in South Sulawesi. Journal of Physics: Conference Series, 1752. ISSN 1742-6596

Daud, Firdaus and Adnan, Adnan and Bahri, Arsad and Arifin, arifah novia (2020) Model Pelatihan Mitigasi Bencana. Global RCI. ISBN 978-602-5920-84-4

Daud, Firdaus and Bahri, Arsad and Pratiwi, Andi Citra and Adnan, Adnan and arifin, Arifah Novia (2019) Need Assessment for The Development of Disaster Mitigation Training Model in South Sulawesi. In: 1st International Conference on Advanced Multidisciplinary Research (ICAMR 2018), October, 6-7, 2018, Makassar, Indonesia.

E

Elpandi, Elpandi (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XI SMA/MA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

F

Fadillah, Asnur (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS MATERI ANIMALIA KELAS X SMA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Farid, Andi Muhammad Miftah (2019) HUBUNGAN ANTARA KETERAMPILAN METAKOGNITIF DENGAN RETENSI KOGNITIF PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI KOTA MAKASSAR PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

G

Gassing, adnan and Arifin, arifah novia and Suryani, A.Irma (2015) Biologi Sel. In: UNSPECIFIED Alauddin Press, Makassar, pp. 1-458. ISBN 9786023280889

Gassing, adnan and Suryani, A.Irma and Arifin, arifah novia and saleh, a. rahmat and saenab, sitti and bahri, arsad (2016) Biologi Sel Ultrastruktur dan Fungsi Sel. In: UNSPECIFIED Alauddin Press, Makassar, pp. 1-513. ISBN 9786023282043

H

HADIJAH, SITTI (2013) Peningkatan Motivasi, Aktivitas, dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Ekosistem melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Kelas VIIf SMP Negeri 3 Palopo. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Hamia, Hamia (2021) KETERAMPILAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK : STUDI KASUS PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 1 SIDRAP. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Hardianto, Hardianto and Daud, Firdaus and Bahri, Arsad (2020) MENINGKATKAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF SISWA SMA BERKEMAMPUAN AKADEMIK BERBEDA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI MELALUI STRATEGI PBLRQA DIPADU JURNAL BELAJAR. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Haryadi, Erwin (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Koordinasi Kelas XI SMA Negeri 11 Makassar. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Hasmika, Hasmika (2019) KETERLAKSANAAN PRAKTIKUM IPA BIOLOGI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KELAS VIII DI SMP 8 KOTA MAKASSAR. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

Hasmunarti, Hasmunarti and Bahri, Arsad and Idris, Irma Suryani (2018) Analisis Kebutuhan Pengembangan Blended Learning Terintegrasi Strategi PBLRQA (Problem-Based Learning and Reading, Questioning & Answering) pada Pembelajaran Biologi. Biology Teaching and Learning, 1 (2). pp. 101-108. ISSN 2621-5527

hahir, Isnaeni T (2020) Perbedaaan Motivasi Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMA NEGERI 10 MAKASSAR Melalui Penerapan Model Pembelajaran Discovery learning Dan Direct instruction. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

haryoko, sapto and Bahri, Arsad and Saputra, yogi and Saddatin Nur, Miftah and Andi W, Fajriansyah Al-Ghifari (2020) Self Evaluation of Internal Quality Assurance System in Building a Quality Culture at Makassar State University. In: Prosiding International Conference on Science and Advanced Technology (ICSAT),, LP2M UNM.

haryoko, sapto and Bahri, Arsad and Suhardi, Iwan and Muh., Jibran Nidhal Fikri and Riangkaryaman, Riangkaryaman (2021) Monitoring dan Evaluasi Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Menjamin Mutu Perkuliahan Di Universitas Negeri Makassar. In: Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, LP2M UNM.

I

Idris, Irma Suryani and Bahri, Arsad and Putriana, Devi (2018) PEMBERDAYAAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI MELALUI PBL. In: Seminar Nasional Pendidikan Biologi, 30 September 2017, Universitas Mataram.

Isnayah, Nur Aliefya (2020) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X SMA. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

i Alam, NP Sri Ramadan (2019) Perbandingan Hasil Belajar Peserta Didik yang dibelajarkan Model Inkuiri Terbimbing dengan Inkuiri Bebas Termodifikasi Pada Kelas X MIA SMAN 4 Soppeng. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

K

Kamal, Kharisma (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Buku Elektronik Pada Materi Sistem Imun Development of Learning Media Based on Electronic Book on Immune System Subject Matter. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Kamaruddin, Nursan and Junda, Muhammad and Hamka L, Hamka L (2021) KAJIAN PROTOZOA PADA TAMBAK AIR PAYAU DI KECAMATAN SEGERI KABUPATEN PANGKAJENE DAN KEPULAUAN SEBAGAI DASAR PEMBUATAN HANDOUT BIOLOGI KELAS X SMA/MA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Kurnia, Nani and Jumadi, Oslan and Hiola, St. Fatmah (2014) Atlas Tumbuhan Sulawesi Selatan. Other. Jurusan Bioliogi FMIPA UNM, Makassar.

L

Listiana, Lina and Bahri, Arsad (2019) Empowering Student’s Creative Thinking Skill in Biology Classroom: Potential of Group Investigation Combined with Think Talk Write (GITTW) Strategy. Humanities & Social Sciences Reviews, 7 (3). pp. 477-483. ISSN 2395-6518

Lodang, H and Palennari, M (2017) Profil Gaya Belajar Mahasiswa Jurusan Biologi MIPA UNMdalam Rangka Pemilihan Strategi Perkuliahan. In: MIPA Open, 25 Februari 2017, Makassar.

M

MT Kohar, Nasmur (2016) PENGARUH LMS EDMODO TERHADAP MOTIVASIDAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK SMP NEGERI 3 WONOMULYO. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

MUJAHIDAH, MUJAHIDAH (2014) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terintegrasi Metode Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Biologi Siswa. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

MUTTAMIRATI, MUTTAMIRATI (2013) Peningkatan Motivasi, Aktivitas, dan Hasil Belajar Siswa melalui Penerapan Teknik Mind Mapping pada Materi Sistem Ekskresi Siswa Kelas XI IPA B SMA Negeri 2 Sengkang. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Mahanal, Susriyati and Zubaidah, Siti and Bahri, Arsad and Maratusy, Dinnurriya Syahadatud (2016) Empowering Students’ Critical Thinking Skills Through Remap Nht In Biology Classroom. Asia-Pacific Forum on Science Learning and Teaching, 17 (2). pp. 1-13. ISSN 16094913

Muhammad, Wiharto (2015) EKOLOGI BENTANG ALAM DUSUN MALEMPO, RESORT MALLAWA TAMAN NASIONAL BANTIMURUNG BULUSARAUNG, KABUPATEN MAROS PROVINSI SULAWESI SELATAN. Optimalisasi Hasil-Hasil Penelitian Dalam Menunjang Pembangunan Berkelanjutan. pp. 84-94. ISSN ISSN:24601322

Muis, Abd and Bahri, Arsad (2018) Respon Guru dan Siswa SMA Terhadap Penggunaan Quipper School Dalam Blended Learning pada Pembelajaran Biologi. Biology Teaching and Learning, 1 (2). pp. 167-171. ISSN 2621-5527

Muis, Abd and Bahri, Arsad and Junda, Muhammad (2017) Efektivitas Penerapan MELS pada Permbelajaran Mahasiswa Biologi Dasar Program Studi Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Negeri Makassar. Universitas Negeri Makassar. (Unpublished)

Muis, Abd and Bahri, Arsad and Junda, Muhammad IMPLEMENTASI SINTAKS MELS DALAM PERKULIAHAN BIOLOGI DASAR. In: Seminar Nasional Lembaga Penelitian "Membangun Indonesia Melalui Hasil Riset", ISBN : 978-602-6883-93-3, 26 Agustus 2017, Universitas Negeri Makassar.

Muis, Abd and Ismail, Ismail and Bahri, Arsad (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATA KULIAH FISIOLOGI TUMBUHAN BERBASIS E-LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE MOODLE. Jurnal Penelitian Pendidikan Insani, 18 (1). pp. 1-10. ISSN 0854-3712

Muis, Abd and Ismail, Ismail and Bahri, Arsad (2012) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATA KULIAH FISIOLOGI TUMBUHAN BERBASIS E-LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE MOODLE. Universitas Negeri Makassar. (Unpublished)

Mujaahidah, Ummul (2020) PENGEMBANGAN E-BOOK BIOLOGI MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Murhadi, Wahyudin (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VII SMPN 1 BULUKUMBA. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Musa’idah, Musa’idah (2013) Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Map Terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Bulukumba. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Mustaqim, Mustaqim and Bahri, Arsad (2018) Model Problem-Based Learning Memberdayakan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Biologi. In: Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya, 5 Mei 2018, Universitas Negeri Makassar.

N

NUR, SYAMSIARA (2013) Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah, Aktivitas siswa dan Hasil Belajar Kognitif Biologi melalui Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 4 Wonomulyo. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Nasir, Saltiyani (2013) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Jigsaw pada Kelas VIII SMPN 4 Dua Pitue. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Ngitung, Rosdiana and Nurhayati, Nurhayati and Bahri, Arsad (2020) Daging Ayam Broiler Sehat dengan Pengaturan Ransum. Sainsmat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam, 9 (1). pp. 29-38. ISSN 2579-5686

Ngitung, Rosdiana and Nurhayati, Nurhayati and Bahri, Arsad (2017) Penurunan Kadar Lemak dan Kolesterol Ayam Broiler melalui Pengaturan Ransum sebagai Upaya Menghasilkan Daging Sehat. Universitas Negeri Makassar. (Unpublished)

Ningsih, Arna and Azis, Andi Asmawati and Ngitung, Rosdiana (2020) Perbandingan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terstruktur dan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Materi Fungi. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Nurdayanti, Nurdayanti (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PORTABLE MOODLE UNTUK MATERI SISTEM PERNAPASAN KELAS XI SMA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Nurhasanah, Nurhasanah and Muis, Abdul. and Ali, Alimuddin (2020) Efektivitas Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Keterampilan Proses Sains (KPS) Terhadap Hasil Belajar Biologi Peserta Didik di Kelas X SMA. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Nurhayati, Nurhayati (2006) Faktor-faktor yang mempengaruhi profesionalisme dan kinerja guru Biologi di SMAN Kota Makassar Sulawesi Selatan. Mimbar Pendidikan, 25 (4). pp. 64-70. ISSN 126-2025

Nurhayati, Nurhayati and Aisyah, Azis and Herman, Herman (2015) PENERAPAN PEMBERIAN TUGAS AWAL BERBASIS KOMPETENSI PADA MATA KULIAH TERMODINAMIKA DALAM PENCAPAIAN NILAI MAHASISWA JURUSAN FISIKA FMIPA UNM. Optimalisasi Hasil-Hasil Penelitian Dalam Menunjang Pembangunan Berkelanjutan. pp. 55-60. ISSN ISSN:24601322

Nurhayati, Nurhayati and Saenab, Sitti (2016) Student Response Toward Humor Based Instructional Media (Descriptive Study on Students of Grade II SMAN 1 Bontonompo). The Asian EFL Journal, 4. pp. 130-135. ISSN 1738-1460

Nurhidayah, Nurhidayah (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MINDJET MINDMANAGER PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI SMA KELAS XI MATERI SISTEM REPRODUKSI. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Nurkayanti, Nurkayanti and Muhiddin, Muhiddin and Arifah Novia, Arifin (2021) Pengembangan Electronic Book Berbasis Aplikasi Pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Hewan Kelas XI SMA/MA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Nursyahida A, Nursyahida A (2021) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI DIPADU KETERAMPILAN PROSES SAINS TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Nurwahyuni, Nurwahyuni and Bahri, Arsad and St, Fatmah Hiola (2019) Pengaruh Penggunaan Media Focusky Presentation Terhadap Minat dan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Kelas X IPA SMA. In: Prosiding Seminar Nasioal Biologi VI, Jurusan Biologi FMIPA UNM.

P

Palennari, M and Lodang, H (2017) PERBEDAAN KESADARAN METAKOGNISI MAHASISWA JURUSAN BIOLOGI ANTARA JALUR SNMPTN, JALUR SBMPTN, DAN JALUR MANDIRI TAHUN AKADEMIK 2015/2016. In: Simposium Nasional MIPA UNM 2017, 25 Februari 2017, Makassar.

Palennari, M and Lodang, H and Muis, Abdul and Sudrajat, F (2016) Biologi Dasar Bagian Pertama. Alauddin University Press. ISBN 978-602-328-205-0

Palennari, M and Satar, S and Saenab, S (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DASAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED-INQUIRY) SISWA KELAS X2 SMA NEGERI 2 SENGKANG. In: Seminar Nasional Biologi Unhas, 28 Maret 2016, UNHAS, Makassar.

Palennari, Muhiddin Penerapan Metode Peer Group Teaching dalam Proses Pembelajaran Biologi untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Makassar (Applying of Peer Group Teaching Method in Process of Biology Learning to Improve Activity and Result of Student Learning Class X SMA Negeri 3 Makassar). Bionature.

Paramita, Paramita (2020) APLIKASI METODE BAYESIAN MODEL AVERAGING (BMA) DENGAN PENDEKATAN MARKOV CHAIN MONTE CARLO (MCMC) UNTUK PERAMALAN CURAH HUJAN DI STASIUN METEOROLOGI KOTA MAKASSAR. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Parawansa, Dirgah Agum (2021) RESPON SISWA TERHADAP LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI VIRUS SISWA KELAS X SMA NEGERI 11 MAKASSAR. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Q

Qadafi, Muchammad Akbar (2017) Pengembangan Alat Pembelajaran Aquaponik Terintegrasi Peternakan untuk Implementasi Kurikulum 2013 pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan SMA/MA Kelas XII. Diploma thesis, FMIPA.

R

Rachman, Hairul (2020) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS INQUIRI TERBIMBING PADA KONSEP PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN UNTUK SMA KELAS XII. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Ramli, Humaerah and Bahri, Arsad and Ristiana, Evi (2020) Pengaruh Penggunaan Peta Pikiran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 6 (1). ISSN 2460-8475

Romadhon Badaring, Deny and Muhammad, Fiqriansyah and Bahri, Arsad Identifikasi Morfologi Mikroba Pada Ruangan Water Closet Jurusan Biologi Universitas Negeri Makassar. In: Prosiding Seminar Nasional Biologi 2016, 8 Agustus 2020, Jurusan Biologi FMIPA UNM.

Rompegading, ANDI BADLI (2015) ROMPEGADING. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

Rusni, Rusni and Bahri, Arsad and Ristiana, Evi (2020) Profil Sikap Ilmiah Siswa Kelas IV SD Inpres Ana Gowa dan SD Negeri Tombolo K. Sainsmat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam, 9 (1). pp. 82-90. ISSN 2579-5686

S

SANTIARNI, SANTIARNI (2014) Perbandingan Hasil Belajar Biologi Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Giving Question And Getting Answers Dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Kelas XII SMA Negeri 1 Panca Lautang. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

SAPARUDDIN, SAPARUDDIN (2013) Pengaruh Model Problem Based Learning Dengan Teknik Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Biologi Siswa. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

SYAM, SUKMAWATI (2013) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD yang Dipadu Strategi Inkuiri Terbimbing terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Sistem Pernapasan pada Siswa SMA Negeri 1 Belopa. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Saenab, Sitti and Nurhayati, Nurhayati and Lodang, H (2016) Humorous Power Point: Integrasi Humor Dalam Pembelajaran Genetika. Biology Science and Education. pp. 23-35. ISSN 2252-858X

Saenab, Sitti and Nurhayati, Nurhayati and Lodang, H (2015) Minat Siswa kelas XI SMAN 11 Makassar Terhadap Strategi Pembelajaran Berbasis Humor. In: Optimalisasi Hasil-Hasil Penelitian Dalam Menunjang Pembangunan Berkelanjutan, 13 Juni 2015.

Salam, Abdul (2013) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash CS4 Professional Pada Materi Pokok Sistem Koloid. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Selfiamawati, Iga and Hiola, St. Fatmah and Bahri, Arsad (2020) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS LECTORA INSPIRE PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN SMA KELAS XI. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Sura, Yoel and Syamsiah, Syamsiah and Bahri, Arsad (2020) Reading-Concept Map pada Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa. Jurnal Biology Teaching and Learning, 3 (1). pp. 46-51. ISSN 2621 – 5535

Suriati, Suriati and Bahri, Arsad and Agustan, Agustan (2020) The Effect Of The Use Of Power Point Learning Media On Motivation And Cognitive Learning Outcomes In Science Learning For Class IV SDN 39 Students Often In Soppeng District. Jurnal Dikdas, 8 (1). pp. 71-86. ISSN 261-5217

Suwahru, Anisa and Bahri, Arsad and Mu'nisa, A (2018) Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Keterampilan Proses Sains Pada Materi Sel Kelas XI SMA. Biology Teaching and Learning, 1 (1). pp. 53-61. ISSN 2621-5527

Syamsiah, Syamsiah and Hiola, St. Fatmah and Jumadi, Oslan and Mu'nisa, Andi (2016) Tumbuhan obat tradisional : etnis lokal Sulawesi Barat. Alauddin University Press, Makassar. ISBN 978-602-328-214-2

sugiarti, sugiarti and Mulbar, Usman and Adnan, Adnan and Bahri, Arsad (2021) Student Scientifict Literacy Skill: The Starting Point of Chemistry Learning in The Junior High School. Students' scientific literacy skill: The starting point of chemistry learning in the junior high school, 20 (2). ISSN 1609-49131

sugiarti, sugiarti and Usman, Mulbar and Adnan, Adnan and Bahri, Arsad (2021) Correlation between Teacher Guidance and Parent with Chemical Literation Ability of Junior High School Student. Journal of Physics: Conference Series, 1752. ISSN 1742-6596

T

Taiyeb, A. Mushawwir and Bahri, Arsad and Razak, Rezky Batari (2012) ANALISIS MOTIVASI BERPRESTASI SISWA SMAN 8 MAKASSAR DALAM BELAJAR BIOLOGI. BIONATURE "Jurnal Kajian, Penelitian, dan Pengajaran Biologi", 13 (2). pp. 77-82. ISSN 1411-4720

Thahir, Isnaeni (2020) Perbedaaan Motivasi Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMA NEGERI 10 MAKASSAR Melalui Penerapan Model Pembelajaran Discovery learning Dan Direct instruction. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

U

Usman, Sumarniati and Bahri, Arsad and Ristiana, Evi (2020) Mind Mapping as a Media to Enchance the Students Science Learning Outcomes at Grade V SD Islam Pertiwi Nusantara Makassar. Primary : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9 (6). pp. 861-870. ISSN 2598-5949

Y

Yulianda, Yulianda (2020) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Yusuf, Mukhtar (2014) Pengaruh Kompetensi Profesional dan Pedagogik Guru Biologi yang Telah Tersertifikasi Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Se-Kota Ternate. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

Z

Zaid, Nikhrawati and Bahri, Arsad (2018) Analisis Kebutuhan Pengembangan Blended Learning Terintegrasi Taksonomi Bloom-Rederker-Guerra (B-R-G) Pada Materi Sel Untuk SMA. In: Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya, 5 Mei 2018, Universitas Negeri Makassar.

This list was generated on Sat May 21 10:30:40 2022 WITA.