Penggunaan Media Number Rods Untuk Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Anak Autis di SLBN 1 Gowa

MAHASYIM HIDAYATULLAH SYUKRI DEWA (2023) Penggunaan Media Number Rods Untuk Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Anak Autis di SLBN 1 Gowa.

[img] Text
Jurnal Mahasyim Hidayatullah SD.docx

Download (394kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang rendahnya hasil belajar murid Autis kelas II pada mata pelajaran Matematika, khususnya penjumlahan di SLBN 1 Gowa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah kemampuan penjumlahan anak autis kelas II di SLBN 1 Gowa melalui penggunaan Media Number Rods”. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Kemampuan penjumlahan pada murid Autis kelas II sebelum diberikan perlakuan. (2) Kemampuan penjumlahan pada murid Autis kelas II selama diberikan perlakuan. (3) Kemampuan penjumlahan pada murid Autis II setelah diberikan perlakuan. (4) kemampuan penjumlahan pada murid Autis kelas II berdasarkan hasil analisis antar kondisi. Teknik penggumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang murid Autis kelas II berinisial AEB. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yaitu Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Data yang diperoleh dianalisis melalui statistik deskriptif dan ditampilkan dalam bentuk grafik. Kesimpulan penelitian ini: (1) Kemampuan penjumlahan subjek AEB sebelum diberikan intervensi masih berada pada kategori sangat rendah. (2) Kemampuan penjumlahan subjek AEB meningkat ke kategori sangat tinggi selama diberikan intervensi. (3) Kemampuan penjumlahan subjek AEB menurun ke kategori rendah setelah diberikan intervensi. (4) Kemampuan penjumlahan pada murid autis kelas II di SLBN 1 Gowa berdasarkan hasil analisis antar kondisi yakni: dari kategori sangat rendah meningkat menjadi kategori sangat tinggi selama pemberian intervensi dan dari kategori sangat tinggi menurun menjadi kategori rendah, namun demikan kemampuan setelah diberikan perlakuan murid menurun akan tetapi nilai yang diperoleh lebih tinggi dibandingkan sebelum diberikan perlakuan. Dengan demikan nilai yang diperoleh lebih tinggi dibandingkan sebelum diberikan perlakuan . wehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Number Rods dapat meningkatkan kemampuan penjumlahan murid Autis kelas II di SLBN 1 Gowa. Kata kunci : Number Rods, Penjumlahan, Autis

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 08 Aug 2023 02:31
Last Modified: 08 Aug 2023 02:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33399

Actions (login required)

View Item View Item