ANDI LOLO RIDHA (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN DI KELAS V SD NEGERI TIDUNG KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.
Text
1. Sampul.docx Download (18kB) |
|
Text
2. Sampul dua.docx Download (60kB) |
|
Text
3. Skripsi.docx Download (736kB) |
Abstract
Andi Lolo Ridha. 2017. Penerapan model pembelajaran Think Pair and Share (TPS) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan di kelas V SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Hikmawati Usman, S.Pd,. M.Pd dan Sumarlin Mus, S.Pd,. M.Pd Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran SBK. Rumusan masalah adalah Bagaimanakah penerapan model pembelajaran Think Pair and Share (TPS) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan kelas V SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Think Pair and Share (TPS) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SBK kelas V SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Think Pair and Share (TPS) dan hasil belajar siswa. Setting penelitian ini bertempat di kelas V SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar sedangkan subyek penelitiannya adalah guru dan siswa dengan jumlah siswa sebanyak 36 orang, 15 siswa perempuan dan 21 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskripitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil observasi guru dan siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dan siklus II berada pada kategori baik. Hal ini sejalan dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SBK dengan ketuntasan belajar siklus I berada pada kategori cukup (C) sedangkan siklus II berada pada kategori sangat baik (SB). Kesimpulannya adalah bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Think Pair and Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SBK kelas V SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 24 Jul 2023 03:49 |
Last Modified: | 24 Jul 2023 03:49 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33158 |
Actions (login required)
View Item |