KORNELIUS CLAUDIUS (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 183 GARANTA KECAMATAN UJUNG LOE KABUPATEN BULUKUMBA.
Text
COVER.docx Download (48kB) |
|
Text
BAGIAN AWAL.docx Download (30kB) |
|
Text
BAB IV.docx Download (13MB) |
Abstract
KORNELIUS CLAUDIUS D. NAMANG. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 183 Garanta Kabupaten Bulukumba. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Lutfi B., M.kes dan Andi Dewi Riang Tati, S.Pd, M.Pd. pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Matematika. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas V SDN 183 Garanta Kec. Ujung Loe – Kab. Bulukumba. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Negeri 183 Garanta Kabupaten Bulukumba. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang guru kelas V dan seluruh siswa kelas V SD Negeri 183 Garanta Kabupaten Bulukumba yang berjumlah 27 orang dengan jumlah 15 laki-laki dan 12 perempuan yang aktif dan terdaftar pada semester genap tahun ajaran 2015/2016. Fokus penelitian adalah penerapan model pembelajaran berbasis masalah dan hasil belajar matematika. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif untuk mengolah data proses pembelajaran dan teknik analisis data statistik deskriptif untuk mengolah data mengenai hasil belajar siswa pada pelajaran matematika. Kesimpulan hasil penelitian yaitu pada siklus I penerapan model pembelajaran berbasis masalah berada pada kategori cukup dan rata-rata hasil belajar matematika berada pada kategori cukup. Sedangkan pada siklus II penerapan model pembelajaran berbasis masalah meningkat yakni dari kategori cukup mencapai kategori baik dan rata-rata hasil belajar matematika meningkat mencapai kategori baik. Dengan demikian dapat katakan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar matematika.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 02:22 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 02:22 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33003 |
Actions (login required)
View Item |