Djam’an, Nurwati and Bernard, Bernard and -, Sahid Analisis Productive Pedagogies Mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Universitas Negeri Makassar. (Unpublished)
![]() |
Text
Laporan_Analisis Productive Pedagogies Mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL).pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Peer Review_Analisis Productive Pedagogies Mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis productive pedagogies mahasiswa KKN PPL dalam pembelajaran matematika di sekolah. Dalam penelitian ini, mahasiswa KKN PPL telah menerima teori-teori yang terkait pengajaran selama perkuliahan dan telah melaksanakan microteaching. Pengukuran productive pedagogies diukur berdasarkan empat dimensi: kualitas intelektual (intellectual quality), keterkaitan (connectedness), lingkungan kelas yang mendukung (supportive classroom environment), pengakuan atas perbedaan (recognition of difference). Mahasiswa PPL partisipan dalam penelitian ini sebanyak tiga orang pada kelas yang berbeda di satu sekolah. Melalui observasi, analisis tugas dan wawancara, penelitian ini mendeskripsikan productive pedagogies mahasiswa PPL dan mengeksplorasi dampak potensial productive pedagogies sebagai kerangka kerja yang baik dalam peningkatan kompetensi calon guru. Perolehan data dianalisis pada konversi nilai dengan kategori rendah hingga sangat tinggi. Berdasarkan keseluruhan dimensi yang diukur melalui angket diperoleh rerata terendah pada dimensi relevansi yaitu 82,4 dan tertinggi pada dimensi kualitas intelektual yaitu 84,95 dengan kategori sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan productive pedagogies mahasiswa calon guru berada pada kategori sangat tinggi.
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1) KARYA ILMIAH DOSEN Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN |
Divisions: | FAKULTAS MIPA |
Depositing User: | Zainatun |
Date Deposited: | 29 Jun 2023 02:03 |
Last Modified: | 29 Jun 2023 02:03 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32369 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |