PENGARUH TEKNIK BERMAIN PERAN TERHADAP KEMAMPUAN BERDIALOG SISWA KELAS XI.IS.3 SMA NEGERI 1 PAREPARE

Pemuda, Risma (2016) PENGARUH TEKNIK BERMAIN PERAN TERHADAP KEMAMPUAN BERDIALOG SISWA KELAS XI.IS.3 SMA NEGERI 1 PAREPARE. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ARTIKEL RISMA PEMUDA.docx

Download (81kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan, (1) mengkaji kemampuan berdialog pada pelajaran bahasa Indonesia Kelas XI.IS.3 SMA Negeri 1 Parepare sebelum menerapkan teknik bermain peran, (2) mengkaji kemampuan berdialog pada pelajaran bahasa Indonesia siswa Kelas XI.IS.3 SMA Negeri 1 Parepare sesudah penerapan teknik bermain peran, (3) membuktikan teknik bermain peran berpengaruh terhadap kemampuan berdialog siswa Kelas XI.IS.3 SMA Negeri 1 Parepare.Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini berjumlah 261 orang. Sampel penelitian, Kelas XI.IS.3 SMAyang berjumlah 25 siswa. Penarikan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan analisis statistik deskriptif dengan uji regresi. Hasil analisis data statistik deskriptif menunjukkan (1) nilai tertinggi pada pretest adalah 71 dan nilai terendah yang diperoleh adalah 50 dengan nilai rata-rata 63,8 (2) pada posttest nilai tertinggi yang diperoleh siswa 80 dan nilai terendah 67 dengan nilai rata-rata 72,44. (3) Hasil analisis statistik inferensial dengan menggunakan uji regresi diperoleh nilai probabilitas = 0,00. Karena nilai sig 0,000 < 0,05 maka keputusannya adalah H0 ditolakH1 diterima. Artinya teknik bermain peranberpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berdialog siswa Kelas XI.IS.3 SMA Negeri 1 Parepare. Kata kunci: teknik bermain peran, kemampuan berdialog, pengaruh.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > BAHASA INDONESIA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 18 Oct 2017 05:50
Last Modified: 18 Oct 2017 05:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3227

Actions (login required)

View Item View Item