Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Proyek Terintegrasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada Materi Jenis Limbah dan Daur Ulang Limbah untuk Siswa Kelas X SMA. (Dibimbing oleh Muhammad Danial dan St. Fatmah Hiola)

TAUFIEQ, TAUFIEQ (2013) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Proyek Terintegrasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada Materi Jenis Limbah dan Daur Ulang Limbah untuk Siswa Kelas X SMA. (Dibimbing oleh Muhammad Danial dan St. Fatmah Hiola). Diploma thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
TAUFIEQ. 2013..docx

Download (18kB)

Abstract

ABSTRAK TAUFIEQ. 2013. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Proyek Terintegrasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada Materi Jenis Limbah dan Daur Ulang Limbah untuk Siswa Kelas X SMA. (Dibimbing oleh Muhammad Danial dan St. Fatmah Hiola) Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yaitu Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Proyek Terintegrasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada Materi Jenis Limbah dan Daur Ulang Limbah dengan tujuan; (1) untuk memperoleh perangkat pembelajaran; buku siswa, lembar kegiatan siswa (LKS), rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), dan tes hasil belajar (THB) yang sesuai dengan pembelajaran berbasis proyek dan diintegrasikan dengan TIK (2) untuk memperoleh perangkat pembelajaran berbasis proyek terintegrasi TIK yang berkualitas (valid, praktis dan efektif). Prosedur pengembangan perangkat pembelajaran berbasis proyek terintegrasi TIK ini mengacu pada model pengembangan Thiagarajan, Semmel dan Semmel (model 4-D), yang terdiri dari 4 tahapan yaitu pendefinisian/pembatasan (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (dessiminate). Hasil pengembangan perangkat pembelajaran berbasis proyek terintegrasi TIK menunjukkan bahwa (1) secara umum keseluruhan komponen perangkat pembelajaran berbasis proyek terintegrasi TIK (prototype I) dinyatakan valid, (2) secara umum hasil ujicoba terbatas prototipe II telah memenuhi kriteria kepraktisan dengan hasil pengamatan terhadap keterlaksanaan perangkat pembelajaran berbasis proyek terintegrasi TIK selama ujicoba adalah terlaksana seluruhnya (3) secara umum hasil uji coba terbatas prototip II telah memenuhi kriteria keefektifan dengan hasil pengamatan selama pembelajaran berbasis proyek terintegrasi TIK adalah; (a) kemampuan guru mengelola pembelajaran berbasis proyek terintegrasi TIK kategori tinggi dan reliabel (b) aktivitas siswa telah memenuhi interval waktu ideal yang telah ditentukan, (c) persentase respon positif rata-rata total siswa terhadap kegiatan pembelajaran adalah 93,70 merespon positif dengan R= 0,94, persentase respon positif rata-rata total siswa terhadap buku siswa adalah 95,22 dan persentase respon positif rata-rata total siswa terhadap LKS adalah 90,69 (d) hasil belajar kognitif produk siswa dengan persentase ketuntasan total 94,12%, artinya hasil belajar siswa memenuhi syarat ketuntasan individual yaitu minimal 70 dan ketuntasan secara klasikal minimal 80 % dari nilai KKM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: PSIKOLOGI > B Philosophy (General)
Divisions: ?? sch_bio ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Apr 2016 05:52
Last Modified: 26 Apr 2016 05:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/319

Actions (login required)

View Item View Item