PENERAPAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DALAM PEMBELAJARAN DAN HUBUNGANNYA DENGAN HASIL BELAJAR IPS BAGI GURU SD DI KECAMATAN WATANG SAWITTO

BAKRI, ANDI AIZA (2016) PENERAPAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DALAM PEMBELAJARAN DAN HUBUNGANNYA DENGAN HASIL BELAJAR IPS BAGI GURU SD DI KECAMATAN WATANG SAWITTO. S1 thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
Artikel.docx

Download (465kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Gambaran penerapan kompetensi pedagogic dalam pembelajaran IPS ditinjau dari segi perancangan pembelajaran. (2) Gambaran penerapan kompetensi pedagogik dalam pembelajaran IPS ditinjau dari segi pelaksanaan pembelajaran. (3) Gambaran hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS. (4) Hubungan penerapan kompetensi pedagogik terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS bagi guru SD di kecamatan Watang Sawitto Kabupaten Pinrang? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif bersifat korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data digunakan angket dan dokumentasi. Populasi penelitian adalah seluruh guru SD Di Kecamatan Sawitto Kab. Pinrang sebanyak 100. Sampel adalah 33 guru yang diambil melalui teknik Cluster Random sampling. Teknik analisis data digunakan adalah analisis deskriptif korelasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Gambaran perencanaan kompetensi pedagogik guru di Kecamatan Sawitto Kab. Pinrang berada pada kategori “sangat baik” (2) Gambaran penerapan kompetensi pedagogik guru di kec. Watang Sawitto Kab. Pinrang berada pada kategori “ sangat baik” (3) Hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran IPS berada pada kategori “sedang” (4) Kompetensi pedagogik guru mempunyai hubungan yang positif terhadap hasil belajar IPS.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Pendidikan Dasar s2
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 12 Oct 2017 01:57
Last Modified: 12 Oct 2017 01:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3095

Actions (login required)

View Item View Item