ISMI THASMARA (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS V SD INPRES KASSI-KASSI KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.
Text
Halaman Sampul utama Ismi Thasmara.docx Download (21kB) |
|
Text
Halaman sampul kedua Ismi Thasmara.docx Download (58kB) |
|
Text
Persetujuan Pembimbing.docx Download (318kB) |
|
Text
Lembar Pengesahan Ujian Skripsi.docx Download (401kB) |
|
Text
file asli skripsi terbaru Ismi Thasmara.docx Download (1MB) |
Abstract
Ismi Thasmara. 2017. Penerapan model pembelajaran artikulasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas V SD Inpres Kassi-Kassi Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Nur Abidah Idrus, S.Pd,. M.Pd dan Hikmawati Usman, S.Pd,. M.Pd Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Rumusan masalah adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran artikulasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas V SD Inpres Kassi-Kassi Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran artikulasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas V SD Inpres Kassi-Kassi Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus disajikan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran artikulasi dan hasil belajar siswa. Pelaksanaan kegiatan ini, peneliti bertindak sebagai observer dan guru bertindak sebagai fasilitator atau mengajar. Subjek dalam penelitian ini adalah guru 1 orang dan siswa sebanyak 29 orang dengan jumlah siswa laki-laki 12 orang dan 17 orang jumlah siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil observasi guru pada siklus I cukup (C) dan siklus II berada pada kategori baik (B) sedangkan hasil observasi siswa siklus I berada pada kategori cukup (C) dan siklus II berada pada kategori baik (B). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn berada pada kategori tidak tuntas dan pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan dan berada pada kategori tuntas. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran artikulasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas V SD Inpres Kassi-Kassi Kecamatan Rappocini Kota Makassar
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 20 Jun 2023 06:06 |
Last Modified: | 20 Jun 2023 06:06 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30584 |
Actions (login required)
View Item |