Pengembangan Media Pembelajaran Mandiri Fisika Berbasis Web Pada Pokok Bahasan Tekanan.

Nuriana, I Komang (2016) Pengembangan Media Pembelajaran Mandiri Fisika Berbasis Web Pada Pokok Bahasan Tekanan. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
BAB I untuk repositori.docx

Download (22kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (Research Development) dimana produk yang diinginkan adalah media pembelajaran mandiri berbasis web yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini mengacu pada four D models (Model 4-D) yang terdiri dari empat tahap yaitu: (1) pendefenisian (define), (2) perancangan (Design), pengembangan (Develop), dan (4) penyebaran (Dessimenate). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “(1) Bagaimana profil media pembelajaran mandiri berbasis web yang valid, (2) Bagaimana tanggapan praktisi terhadap media pembelajaran mandiri berbasis web yang dikembangkan, (3) Bagaimana respon peserta didik terhadap media pembelajaran mandiri berbasis web, (4) Bagaimana efektivitas pencapaian hasil belajar menggunakan media pembelajaran mandiri berbasis web pada peserta didik kelas VIII SMP YPS Singkole tahun ajaran 2015/2016”. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk memperoleh informasi tentang media pembelajaran mandiri berbasis web yang valid, (2) Untuk menganalisis tanggapan praktisi terhadap media pembelajaran mandiri berbasis web, (3) Untuk mendeskripsikan respon peserta didik terhadap penggunaan media pembelajaran mandiri berbasis web, (4) Untuk menganalisis efektivitas pencapaian hasil belajar peserta didik pada pokok bahasan tekanan. Uji coba media pembelajaran mandiri berbasis web dilaksanakan di SMP YPS Singkole Kabupaten Luwu Timur dengan subjek penelitian pada kelas VIII B yang terdiri dari 30 peserta didik. Penggumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, dan tes hasil belajar. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran mandiri berbasis web yang dikembangkan memenuhi kriteria kevalidan dengan nilai sebesar 3,6 dan berada pada kategori sangat valid. Berdasarkan angket respon peserta didik terhadap penggunaan media pembelajaran mandiri berbasis web terdapat 86,67% peserta didik yang memberikan respon setuju, maka media pembelajaran mandiri berbasis web memenuhi kriteria kepraktisan. Sedangkan persentase ketuntasan peserta didik sebesar 76,67% setelah pembelajaran menggunakan media pembelajaran mandiri berbasis web, sehingga memenuhi kriteria efektif. Jadi media pembelajaran mandiri berbasis web tersebut dinyatakan valid, praktis dan efektif sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran fisika khususnya pada pokok bahasan tekanan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 09 Oct 2017 07:24
Last Modified: 11 Oct 2017 00:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3012

Actions (login required)

View Item View Item