DIAN FADILA RUSDIN (2023) PENGARUH METODE BERCERITA DENGAN FILM ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK DI TK AISYIYAH PARANG LAYANG MAKASSAR.
Text
sampul depan.docx Download (40kB) |
|
Text
halaman sampul,dll.docx Download (58kB) |
|
Text
BAB I.doc Download (51kB) |
|
Text
BAB II.doc Download (138kB) |
|
Text
BAB III.doc Download (91kB) |
|
Text
daftar pustaka.doc Download (47kB) |
|
Text
LAMPIRAN.doc Download (4MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (34kB) |
Abstract
Dian Fadila Rusdin. 2016. Pengaruh Metode Bercerita dengan Film Animasi Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Di TK Aisyiyah Parang Layang Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Parwoto, M.Pd dan Dra. Sitti Habibah, M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana gambaran kemampuan berbicara anak di TK Aisyiyah Parang Layang sebelum dan setelah penerapan metode bercerita dengan film animasi dan apakah ada pengaruh penerapan metode bercerita dengan film animasi terhadap kemampuan berbicara anak. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kemampuan berbicara anak sebelum dan setelah penerapan metode bercerita dengan film animasi serta untuk mengetahui pengaruh penerapan metode bercerita dengan film animasi terhadap kemampuan berbicara anak. Pendekatan penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian Pre Eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh anak didik TK Aisyiyah Parang Layang Makassar, sampel penelitian ini berjumlah 18 anak. Teknik Pengumpulan data melalui teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji beda Wilcoxon. Nilai kemampuan berbicara anak sebelum diberikan perlakuan memiliki rata-rata yang lebih rendah daripada nilai rata-rata kemampuan berbicara anak setelah diberikan perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan nilai kemampuan berbicara anak sebelum dan setelah penerapan metode bercerita dengan film animasi diberikan. Hal ini merujuk pada nilai T hitung yang diperoleh lebih besar dari nilai T tabel, maka H1 diterima dan Ho ditolak yang artinya ada pengaruh penggunaan metode bercerita dengan film animasi terhdap kemampuan berbicara anak, sedangkan nilai Z hitung yang diperoleh lebih besar dari nilai Z tabel maka H1 diterima dan Ho ditolak yang artinya ada pengaruh penggunaan metode bercerita dengan film animasi terhadap kemampuan berbicara anak. Kesimpulan penelitian ini yaitu terdapat pengaruh penggunaan metode bercerita dengan film animasi terhadap kemampuan berbicara anak di TK Aisyiyah Parang Layang Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 26 Jan 2023 02:29 |
Last Modified: | 26 Jan 2023 02:29 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26796 |
Actions (login required)
View Item |