NURFAIDAH (2022) PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI MELALUI KEGIATAN BERCERITA PADA KELOMPOK B DI TK ASOKA KECAMATAN BIRINGKANAYA KOTA MAKASSAR.
Text
sampul.rtf Download (979kB) |
|
Text
JUDUL,MOTTO,DAFTAR ISI NF.docx Download (43kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (22kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (38kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (18kB) |
|
Text
lampiran.docx Download (77kB) |
|
Text
RENCANA KEGIATAN HARIAN.docx Download (33kB) |
|
Text
DOKUMENTASI.docx Download (1MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (17kB) |
Abstract
Nurfaidah. 2014. Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri melalui Kegiatan Bercerita pada Kelompok B di Taman Kanak-kanak Asoka kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Bulkis Said M.Si dan Dr. Muh. Akil Musi M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah kegiatan bercerita dapat meningkatkan kepercayaan diri pada anak didik di Taman Kanak-kanak Asoka kecamatan Biringkanaya Kota Makassar”. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kegiatan bercerita dapat meningkatkan kepercayaan diri pada anak didik kelompok B di Taman Kanak-kanak Asoka kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dan jenis penelitian penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Fokus penelitian yang akan diteliti adalah pelaksanaan kegiatan bercerita sebagai pendekatan proses oleh guru dan peningkatan kepercayaan diri pada anak sebagai pendekatan hasil di Taman Kanak-kanak Asoka kecamatan Biringkanaya kota Makassar. Subjek penelitian yaitu anak kelompok B4 dengan jumlah anak didik sebanyak 15 orang dan 1 orang guru. Pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Pelaksanaan tindakan terdiri dari dua siklus, tiap siklus dilaksanakan melalui tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil pada siklus I pelaksanaan kegiatan bercerita dalam meningkatkan kepercayaan diri anak masih berada pada kategori kurang karena hanya 6 anak yang berhasil dalam kegiatan kegiatan bercerita tersebut, siklus II pelaksanaan kegiatan bercerita dalam meningkatkan kepercayaan diri anak menunjukkan peningkatan dengan kategori baik, karena ada 12 anak yang berhasil dalam kegiatan bercerita. Dengan demikian penggunaan kegiatan bercerita dalam pelaksanaannya sudah baik sehingga meningkatkan kepercayaan diri anak didik di kelompok B TK Asoka Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 26 Dec 2022 03:22 |
Last Modified: | 26 Dec 2022 03:22 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26304 |
Actions (login required)
View Item |