SURIYANI. A (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN ANAK MELALUI BERMAIN DADU DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH TALA-TALA I KABUPATEN BANTAENG.
Text
HALAMAN DEPAN.doc Download (182kB) |
|
Text
SKRIPSI.docx Download (88kB) |
|
Text
KISI-KISI.docx Download (58kB) |
|
Text
RENCANA KEGIATAN HARIAN.docx Download (35kB) |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDU1.docx Download (39kB) |
Abstract
SURIYANI. A, 2014 Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Melalui Bermain Dadu Di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Tala-tala I Kabupaten Bantaeng. Skripsi dibimbing oleh Dr. Parwoto, M.Pd dan Arifin Manggau, S.Pd, M.Pd. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan anak di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Tala-tala I Kabupaten Bantaeng melalui bermain dadu?, Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui strategi meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep bilangan anak melalui permainan dadu di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Tala-tala I Kabupaten Bantaeng. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 4 tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Setting penelitian ini di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Tala-tala I Kabupaten Bantaeng. Penelitian ini dilaksanakan pada kelompok A dengan jumlah anak sebanyak 15 orang dan 1 orang guru. Fokus penelitian ini adalah kemampuan mengenal konsep bilangan anak melalui kegiatan bermain dadu. Pengumpulan data dengan teknik observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui bermain dadu di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Tala-tala I Kabupaten Bantaeng Kemampuan Mengenal Konsep bilangan anak dapat ditingkatkan dalam hal membilang/menyebut urutan bilangan dari 1-12 dan membuat urutan bilangan 1-12 dengan benda-benda. Pada siklus I peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep bilangan anak belum mengalami peningkatan yang maksimal hal ini dikarenakan kurangnya kesempatan yang diberikan guru kepada anak didik pada saat kegiatan berlangsung sehingga anak merasa tidak diperhatikan dan lebih memilih bermain sendiri ketimbang bermain bahan alam. Pada siklus II peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep bilangan anak sudah mengalami perkembangan, dimana kekurangan-kekurangan yang terjadi pada siklus I sudah dapat diperbaiki dan menunjukkan peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep bilangan anak. Dengan demikian melalui bermain dadu Kemampuan Mengenal Konsep bilangan anak di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Tala-tala I Kabupaten Bantaeng dapat ditingkatkan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 12 Dec 2022 02:20 |
Last Modified: | 12 Dec 2022 02:20 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26041 |
Actions (login required)
View Item |