Keefektifan Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap Kemampuan Menemukan Unsur Intrinsik Cerpen Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Keera Kecamatan Keera Kabupaten Wajo

TENRI, DASRAWATI (2014) Keefektifan Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap Kemampuan Menemukan Unsur Intrinsik Cerpen Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Keera Kecamatan Keera Kabupaten Wajo. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Tenri Dasrawati..doc

Download (35kB)

Abstract

ABSTRAK Tenri Dasrawati. 2014. Keefektifan Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap Kemampuan Menemukan Unsur Intrinsik Cerpen Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Keera Kecamatan Keera Kabupaten Wajo (dibimbing oleh Johar Amir dan Mahmudah). Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan kemampuan menemukan unsur intrinsik cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 2 Keera Kecamata Keera Kabupaten Wajo dengan menggunakan model kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT), (2) mendeskripsikan kemampuan menemukan unsur intrinsik cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 2 Keera Kecamata Keera Kabupaten Wajo dengan menggunakan model kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD), (3) membuktikan efektif tidaknya model kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT)dalam menemukan unsur intrinsik cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 2 Keera Kecamatan Keera Kabupaten Wajo. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian eksperimen murni. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 2 Keera Kecamatan Keera Kabupaten Wajo berjumlah 34 orang yang terbagi ke dalam dua kelas. Sampel penelitian untuk kelas eksperimen yaitu 16 orang dan untuk kelas kontrol berjumlah 18 orang. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan, yaitu observasi dan tes. Teknik yang digunakan untuk memeroleh data penelitian ini, yaitu teknik tes. Data yang terkumpul dalam penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial jenis uji t yang diolah dengan menggunakan program SPSS For Windows Versi 20. Hasil penelitian menunjukkan (l) hasil kemampuan menemukan unsur intrinsik cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 2 Keera Kecamatan Keera Kabupaten Wajo dengan menggunakan model kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dikategorikan tinggi dan telah mencapai ketuntasan belajar. Hal ini dibuktikan dengan nilai yang diperoleh siswa sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan, kriteria yang telah ditetapkan yaitu 85% siswa mampu mencapai nilai 75 ke atas, dalam penelitian ini siswa yang memeroleh nilai 75 ke atas dicapai oleh 14 orang siswa, (2) hasil kemampuan menemukan unsur intrinsik cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 2 Keera Kecamatan Keera Kabupaten Wajo dengan menggunakan model kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD), dikategorikan sangat rendah dan belum mencapai ketuntasan belajar karena nilai yang diperoleh siswa belum mencapai kriteria yang telah ditetapkan. Siswa yang memeroleh nilai 75 ke atas hanya 6 orang siswa atau 33,33%. (3) Model kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) efektif digunakan dalam pembelajaran menemukan unsur intrinsik cerpen karena telah dibuktikan dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa nilai t hitung 4,385 > nilai t tabel 1,70. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis alternatif ( ) penelitian yang diajukan diterima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2016 06:26
Last Modified: 26 Jan 2017 07:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26

Actions (login required)

View Item View Item