Dela Rukmala (2022) Penerapan Teknik Relaksasi untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar (Learning Burnout) Siswa di SMA Negeri 10 Bulukumba.
Text
ARTIKEL_DELA RUKMALA_pdf.pdf Download (1MB) |
Abstract
Dela Rukmala, 2022. Penerapan Teknik Relaksasi untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar (Learning Burnout) Siswa di SMA NegeriI 10 Bulukumba. Dibimbing oleh Bapak Dr. H. Abdullah Pandang, M.Pd dan Ibu Nur Fadhilah Umar, S.Pd, M.Pd. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah Penerapan Teknik Relaksasi untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar (Learning Burnout) Siswa di SMA Negeri 10 Bulukumba. Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana gambaran perilaku kejenuhan belajar (learning burnout) siswa di SMA Negeri 10 Bulukumba?, (2) Bagaimana gambaran penerapan teknik relaksasi pada siswa di SMA Negeri 10 Bulukumba?, (3) Apakah penerapan teknik relaksasi dapat mengurangi perilaku kejenuhan belajar (learning burnout) siswa di SMA Negeri 10 Bulukumba?. Metode pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian Single Subject Design dan menggunakan desain A-B-A. Subjek penelitian ini adalah dua orang siswa kelas XII MIPA 4 di SMA Negeri 10 Bulukumba yang mengalami kejenuhan belajar (learning burnout). teknik pengumpulan data menggunakan instrumen observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat perilaku kejenuhan belajar (learning burnout) siswa sebelum diberikan intervensi berupa teknik relaksasi berada pada kategori tinggi. (2) Pelaksanaan teknik relaksasi untuk mengurangi kejenuhan belajar (learning burnout) siswa di SMA Negeri 10 Bulukumba dilaksanakan sebanyak 5 kali pertemuan, selama pelaksanaan penelitian siswa menunjukkan tingkat partisipasi yang baik. (3) Penerapan teknik relaksasi dapat mengurangi perilaku kejenuhan belajar (learning burnout) siswa di SMA Negeri 10 Bulukumba. Kata Kunci: Kejenuhan Belajar (Learning Burnout), Relaksasi
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 03 Nov 2022 06:56 |
Last Modified: | 03 Nov 2022 06:56 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25307 |
Actions (login required)
View Item |