Hubungan Efikasi Diri dan Dukungan Sosial dengan Kejenuhan Akademik pada Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Makassar yang Sedang Melaksanakan Kuliah Online

Yisril Srivaniwati, (2022) Hubungan Efikasi Diri dan Dukungan Sosial dengan Kejenuhan Akademik pada Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Makassar yang Sedang Melaksanakan Kuliah Online.

[img] Text
JURNAL_YISRIL SRIVANIWATI_1744041038.pdf

Download (397kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan efikasi diri dan dukungan sosial dengan kejenuhan akademik pada mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Makassar yang sedang melaksanakan kuliah online. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 246 orang mahasiswa BK UNM angkatan 2018 dan 2019. Sampel penelitian sebanyak 152 mahasiswa, penentuan anggota sampel menggunakan teknik purposive sampling. Alat pengumpulan data menggunakan angket kejenuhan akademik (koefisien reliabilitas = 0,735), angket efikasi diri (koefisien reliabilitas = 0,744) dan angket dukungan sosial (koefisien reliabilitas = 0,706). Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisisi korelasi sederhana, dan analisis korelasi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efikasi diri dan dukungan sosial mempunyai hubungan negatif yang siginifikan dengan kejenuhan akademik pada mahasiswa BK UNM angkatan 2018 dan 2019 yang sedang melaksanakan kuliah online dengan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,435 dengan taraf signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan secara bersama-sama memberikan kontribusi terhadap kejenuhan akademik sebesar 18,9%. Hal ini berarti bila mahasiswa memiliki efikasi diri dan dukungan sosial yang tinggi maka kejenuhan akademik akan turun. Analisis terpisah dilakukan dan ditemukan bahwa efikasi diri memiliki korelasi negatif signifikan dengan kejenuhan akademik dengan nilai koefisien korelasi sebesar -0,387 dengan taraf signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Sedangkan dukungan sosial memiliki korelasi negatif signifikan dengan kejenuhan akademik dengan nilai koefisien korelasi sebesat -0,340 dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05. selain itu, sebagian besar mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Makassar angkatan 2018 dan 2019 berada pada tingkat kejenuhan akademik, tingkat efikasi diri dan tingkat dukungan sosia yang sedang. Kata Kunci: Kejenuhan Akademik, Efikasi Diri, Dukungan Sosial

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 03 Nov 2022 06:15
Last Modified: 03 Nov 2022 06:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25299

Actions (login required)

View Item View Item