PENERAPAN PERMAINAN SONGKOK-SONGKOK JANGANG DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKANKETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA DISD INPRES 242 KANANG-KANANG

SERINA (2022) PENERAPAN PERMAINAN SONGKOK-SONGKOK JANGANG DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKANKETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA DISD INPRES 242 KANANG-KANANG.

[img] Text
JURNAL sseri.pdf

Download (363kB)
[img] Text
SKRIPSI Serina-1.pdf

Download (6MB)

Abstract

Serina, 2020. Penerapan permainan Songkok-Songkok Jangang dalam bimbingann kelompok untuk meningkatkan keterampilan komunikasi siswa di SD Inpres 242 Kanang-Kanang. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Abdullah Pandang, M.Pd. Dan Dr. Abdul Saman, S.Pd., M.Si., Kons; Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah penerapan permainan Songkok-Songkok Jangang dalam bimbingann kelompok untuk meningkatkan keterampilan komunikasi siswa di SD Inpres 242 Kanang-Kanang. Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana gambaran keterampilan komunikasi siswa di SD Inpres 242 Kanang-Kanang?, (2) Bagaimana gambaran penerapan Songkok-Songkok Jangang dalam bimbingan kelompok di SD Inpres 242 Kanang-Kanang?, (3) Apakah ada pengaruh penerapan Songkok-Songkok Jangang dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan keterampilan komunikasi di SD Inpres 242 Kanang-Kanang?. Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Experimental dengan model quasi eksperimental design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SD Inpres 242 Kanang-Kanang dari kelas 1 sampai 6 tahun ajaran 2019\2020. Sample penelitian berjumlah 24 siswa yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu skala keterampilan komunikasi dan observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Jadi hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keterampilan komunikasi siswa sebelum penerapan permaianan Songkok-Songkok Jangang berada pada kategori rendah (2) Selama pelaksanaan permainan Songkok-Songkok Jangang dalam bimbingan kelompok tingkat partisipasi siswa berada pada kategori tinggi (3) Penerapan permainan Songkok-Songkok Jangang dapat meningkatkan secara signifikan keterampilan komunikasi siswa di SD Inpres 242 Kanang-Kanang. Kata Kunci : Keterampilan Komunikasi, Bimbingan Kelompok, Permainan Songkok-Songok Jangang, Permainan Tradisional.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 03 Nov 2022 01:47
Last Modified: 03 Nov 2022 01:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25251

Actions (login required)

View Item View Item