PENERAPAN TEKNIK RESTRUKTURISASI KOGNITIF UNTUK MENURUNKAN KECENDERUNGAN NARSISTIK DI MEDIA SOSIAL PADA SISWA DI SMP NEGERI 7 WONOMULYO KABUPATEN POLEWALI MANDAR

GITA DAMAYANTI (2022) PENERAPAN TEKNIK RESTRUKTURISASI KOGNITIF UNTUK MENURUNKAN KECENDERUNGAN NARSISTIK DI MEDIA SOSIAL PADA SISWA DI SMP NEGERI 7 WONOMULYO KABUPATEN POLEWALI MANDAR.

[img] Text
GITA DAMAYANTI.pdf

Download (11MB)

Abstract

GITA DAMAYANTI, 2019. Penerapan Teknik Restrukturisasi Kognitif Untuk Menurunkan Kecenderungan Narsisitik di Media Sosial Pada Siswa di SMP Negeri 7 Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar. Dibimbing oleh Drs. Muhammad Anas M.Si dan Prof. DR. H. M. Arifin Ahmad, MA. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu tingginya tingkat kecenderungan narsisitik di media sosial siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Gambaran kecenderungan narsisitik di media sosial pada siswa 2) Gambaran pelaksanaan teknik restrukturisasi kognitif 3) Teknik restrukturisasi kognitif untuk menurunkan kecenderungan narsisitik di media sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model Quasi experimental. Desain Eksperimen yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Adapun variabel bebas penelitian ini adalah teknik restrukturisasi kognitif dan variabel terikatnya adalah kecenderungan narsistik di media sosial. Populasi penelitian sebanyak 47 siswa dan sampel penelitian sebesar 20 siswa. Penarikan sampel dengan teknik proporsional random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen skala kecenderungan narsistik di media sosial dan pedoman observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis parametrik, yaitu uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tingkat kecenderungan narsistik di media sosial siswa saat pretest pada kelompok eksperimen dan kontrol berada pada kategori tinggi. Pada saat posttest, tingkat kecenderungan narsistik di media sosial siswa kelompok eksperimen mengalami perubahan ke kategori rendah dan pada kelompok kontrol tetap berada pada kategori tinggi. 2) Pelaksanaan teknik restrukturisasi kognitif dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang sudah dirancang melalui tujuh tahapan yakni rasional tujuan dan tinjauan singkat prosedur, analisis terhadap pikiran konseli, pengenalan dan latihan coping thought (CT), pindah dari pikiran negatif ke coping thought (CT), pengenalan dan latihan penguat positif, tugas rumah dan tindak lanjut, dan evaluasi. Pada saat pelaksanaan teknik restrukturisasi kognitif, partisipasi siswa berada pada kategori tinggi. 3) Penerapan teknik restrukturisasi kognitif dapat menurunkan kecenderungan narsistik di media sosial siswa secara signifikan di SMP Negeri 7 Wonomulyo

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Nov 2022 03:38
Last Modified: 02 Nov 2022 03:38
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25178

Actions (login required)

View Item View Item