EKAYANTI (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAGAN BALIKAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 1 DI SDI NO 221 RANNAYA KABUPATEN JENEPONTO.
Text
Jurnal Media Pembelajaran .pdf Download (185kB) |
|
Text
1.sampul skripsi.pdf Download (121kB) |
|
Text
pengesahan.pdf Download (960kB) |
|
Text
3. Pernyataan Keaslian Skripsi, Motto, Abstrak, Prakata.pdf Download (250kB) |
|
Text
4. Daftar Isi dll.pdf Download (100kB) |
|
Text
5. BAB I.pdf Download (179kB) |
|
Text
6. BAB II.pdf Download (205kB) |
|
Text
7. BAB III.pdf Download (346kB) |
|
Text
10. Daftar Pustaka.pdf Download (87kB) |
|
Text
15. Lampiran 3 sampai 7.pdf Download (594kB) |
|
Text
17. Dokumentasi Penelitian.pdf Download (2kB) |
|
Text
19. Riwayat Hidup.pdf Download (74kB) |
Abstract
EKAYANTI, 2019, “Pengembangan Media Pembelajaran Bagan Balikan Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 Di Sdi No.221 Rannaya Kabupaten Jeneponto. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. farida Febriati, SS,M.Si dan Prof. Dr.H. Amir, M.Pd.; Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu sulitnya siswa memahami materi pelajaran Bahasa Indonesia karena kurangnya penggunaan media dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana mengembangkan media pembelajaran Bagan balikan?” Bagaimanakah tingkat validitas media pembelajaran bagan balikan?” Bagaimanakah tingkat kepraktisan media pembelajaran bagan balikan?”. Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan media pembelajaran Bagan balikan yang valid dan praktis yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menghasilkan produk berupa media pembelajaran Bagan Balikan. Model pengembangan yang digunakan yaitu model yang digunakan adalah pengembangan model 4D. Model pengembangan 4D (Four D) merupakan model pengembangan media pembelajaran. Model ini dikembangkan oleh Thiagarajan, Dorothy Semmel, dan Melvyn I. Semmel (1974: 5). Model pengembangan 4D terdiri atas 4 tahap utama yaitu: Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Development (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran). Subjek dalam penelitian ini adalah ahli desain dan media pembelajaran, ahli isi atau materi media pembelajaran, siswa kelas 1 Sdi No.221 Rannaya dan guru Mata Pelajararan Bahasa Indonesia. Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket.Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Deskriptif Kualitatif, dan Analisis Statistik Deskriptif. Berdasarkan analisis hasil evaluasi dari ahli desain dan media, ahli isi/materi tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Bagan Balikan valid digunakan sebagai media pembelajaran dalam proses pembelajaran pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Hasil dari uji coba kelompok kecil, hasil uji coba perorangan, dan hasil tanggapan guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Bagan Balikan yang dikembangkan ini praktis digunakan sebagai media pembelajaran dalam proses pembelajaran pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 00:34 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 00:34 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23976 |
Actions (login required)
View Item |