Sanusi, Dirgah Kaso and Arafah, Kaharudin and Amin, Bunga Dara (2020) Analisis Gaya Berfikir Sekuensial-Acak Abstrak dalam Memecahkan Masalah Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako, 8 (1). pp. 60-66. ISSN 2338-3240
Text
Analisis Gaya Berpikir Sekuensial-Acak Abstrak dalam Memecahkan Masalah Fisika.pdf Download (280kB) |
|
Text
Penilaian pakar.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik berdasarkan gaya berpikir Sekuensial Abstrak (SA) dan Acak Abstrak (AA). Subjek penelitian ini adalah dua orang peserta didik kelas X MIA 1 MAN 2 Makassar, yang masing-masing mewakili gaya berpikir Sekuensial Abstrak (SA) dan Acak Abstrak (AA). Setiap subjek dikategorikan berdasarkan kuesioner gaya berpikir yang diadaptasi dari intrumen yang dirancang oleh John Parks. Hasil penelitian dianalisis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan meninjau kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik untuk gaya berpikir SA dan AA. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui tes tertulis dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik dengan gaya berpikir SA mampu memecahkan masalah fisika berdasarkan langkah-langkah pemecahan masalah secara berurut, namun hasil belum tepat. Pemikir SA masih kurang memahami konsep dasar serta proyeksi arah-arah gaya dan penentuan persamaan yang akan digunakan khususnya dalam materi Hukum Newton. Pemikir AA menyelesaikan masalah fisika dengan tepat, namun dengan langkah-langkah yang tidak berurut. Pemikir AA dapat memahami masalah berdasarkan konsep fisika dan memproyeksikan arah gaya serta persamaan yang digunakan dalam menyelesaikan masalah fisika. Kata Kunci: abstrak, acak, berpikir, gaya, masalah, pemecahan, sekuensial.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | FMIPA > PENDIDIKAN FISIKA - (S1) FMIPA |
Depositing User: | Dr. Kaharuddin Arafah |
Date Deposited: | 29 Jun 2022 12:02 |
Last Modified: | 29 Jun 2022 12:02 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23555 |
Actions (login required)
View Item |