STUDI TENTANG MANAJEMEN PEMBELAJARAN PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) MUHAMMADIYAH BULUKUMBA

RISKA ULANGSARI (2022) STUDI TENTANG MANAJEMEN PEMBELAJARAN PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) MUHAMMADIYAH BULUKUMBA.

[img] Text
AWALAN.docx

Download (56kB)
[img] Text
BAB I, II, III, IV, dan V.docx

Download (212kB)

Abstract

Riska Ulangsari. 2016. Studi Tentang Manajemen Pembelajaran pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah Bulukumba. Skripsi dibimbing oleh Dra. St. Habibah, M.Si. dan Dra. Nirmala, S.Pd., M.Si. Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang manajemen pembelajaran pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah Bulukumba. Fokus dalam penelitian ini adalah manajemen pembelajaran di SMK Muhammadiyah Bulukumba. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif, yaitu pendekatan yang menggambarkan fenomena yang diteliti dalam bentuk deskriptif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, kaprog kejuruan dan siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru telah melaksanakan manajemen pembelajaran yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Dalam praktiknya pelaksanaan manajemen pembelajaran di sekolah dilakukan oleh guru tidak terlepas dari adanya kerja sama dengan warga sekolah lainnya dan pihak industri. Dengan demikian, manajemen pembelajaran di SMK Muhammadiyah Bulukumba dapat dikategorikan berjalan dengan baik dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Apr 2022 00:32
Last Modified: 22 Apr 2022 00:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23127

Actions (login required)

View Item View Item