PENGARUH PEMBINAAN PRAMUKA TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK DI PANTI ASUHAN HIDAYATULLAH KELURAHAN PAROPO KOTA MAKASSAR

Asdar (2022) PENGARUH PEMBINAAN PRAMUKA TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK DI PANTI ASUHAN HIDAYATULLAH KELURAHAN PAROPO KOTA MAKASSAR.

[img] Text
sampul !.docx

Download (20kB)
[img] Text
Pengesahan Ujian Tutup.docx

Download (83kB)
[img] Text
Sampul Lengkap.docx

Download (205kB)
[img] Text
Skripsi siap Print.docx

Download (271kB)
[img] Text
Lampiran 1 Kisi-Kisi.docx

Download (25kB)
[img] Text
Lampiran 2 angket.docx

Download (25kB)
[img] Text
Lampiran 3 Data Mentah dan Analisis Statistik - Copy (2).docx

Download (1MB)

Abstract

Asdar. Pengaruh Pembinaan Pramuka Terhadap Pembentukan Karakter Anak di Panti Asuhan Hidayatullah Kelurahan Paropo Kota Makassar.Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Isiyani Idrus, M.Si dan Suardi. S.Pd, M.Pd Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang Pengaruh Pembinaan Pramuka Terhadap Pembentukan Karakter Anak di Panti Asuhan Hidayatullah Kelurahan Paropo Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh pembinaan pramuka terhadap pembentukan karakter anak di Panti Asuhan Hidayatullah Kelurahan Paropo Kota Makassar”. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk menguji pengaruh pembinaan pramuka terhadap pembentukan karakter anak di Panti Asuhan Hidayatullah Kelurahan Paropo Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh anak yang di Panti Asuhan yang terdiri dari 20 SD dan 20 SMP. Sampel yang digunakan. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket. Dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik regresi. Hasil penelitian tentang pengaruh pembinaan pramuka terhadap pembentukan karakter anak di Panti Asuhan Hidayatullah Kelurahan Paropo Kota Makassar menunjukkan bahwa: pembinaan dengan empat aspek, yaitu: bina diri, bina satuan dan bina masyarakat berjalan memberikan sumbangsi positif terhadap pembentukan karakter anak dengan dimensi: karakter privat dan karakter public, karakter cerdas, karakter baik, dan karakter bangsa dengan tingkat signifikasi 0.003. kemudian dilihat dari t-hitung sebesar 7.166 dan t-tabel sebesar 2.086. sehingga dapat disimpulkan bahwa: ada pengaruh signifikan pembinaan pramuka terhadap pembentukan karakter anak di panti asuhan hidayatullah kelurahan paropo kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 06 Apr 2022 01:52
Last Modified: 06 Apr 2022 01:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22776

Actions (login required)

View Item View Item