IDENTIFIKASI KESALAHAN MENJUMLAH MURID TUNANETRA KELAS DASAR II DI SLB NEGERI 537 BARA KOTA PALOPO

Risma (2022) IDENTIFIKASI KESALAHAN MENJUMLAH MURID TUNANETRA KELAS DASAR II DI SLB NEGERI 537 BARA KOTA PALOPO.

[img] Text
ABSTRAK RISMA SLB NEGERI 537.docx

Download (37kB)
[img] Text
SKRIPSI RISMA PALOPO 2012.docx

Download (102kB)

Abstract

RISMA. 2012. Identifikasi Kesalahan Menjumlah Murid Tunanetra Kelas Dasar II di SLB Negeri 537 Bara Kota Palopo. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Andi Budiman, M. Kes dan Drs. Achmad Tohir. Jurusan Pendidikan Luar Biasa. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian adalah kesalahan menjumlah bilangan bentuk mendatar dan bersusun pada murid tunanetra kelas dasar II di SLB Negeri 537 Bara Kota Palopo. Penelitian ini betujuan untuk mengidentifikasi kesalahan menjumlah murid tunanetra kelas dasar II di SLB Negeri 537 Bara Kota Palopo. Subyek penelitian adalah murid tunanetra kelas dasar II di SLB Negeri 537 Bara Kota Palopo tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 4 murid. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Pengumpulan data ditempuh dengan teknik wawancara dan observasi sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa murid tunanetra kelas dasar II di SLB Negeri 537 Bara Kota Palopo melakukan kesalahan menjumlah bilangan dalam bentuk mendatar dan bersusun, saat menulis angka braille tidak menggunakan tanda angka atau titiknya salah sehingga sulit mengartikan tulisan tersebut, murid menuliskan hasil menjumlah ditulisnya sesuai dengan apa yang ada pada daftar penjumlahan sehingga kadangkala tidak sesuai dengan konsep menjumlah bersusun. Adapun usaha-usaha yang dilakukan untuk mengatasi kesalahan menjumlah adalah perumusan tujuan pembelajaran harus dirumuskan secara khusus dengan kata-kata operasional, materi yang diajarkan juga diusahakan menarik bagi murid-murid tunanetra, metode dan strategi pembelajaran matematika perlu dipilih dan dikembangkan sesuai dengan tujuan dan karakteristik murid, dan guru harus mempedomani tujuan pembelajaran khusus sebagai penilaian dan alat penilaian harus sesuai dengan jenis kemampuan yang akan dinilai.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 11 Jan 2022 06:15
Last Modified: 11 Jan 2022 06:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21696

Actions (login required)

View Item View Item