Pengembangan Elektronik Modul s(e-Modul) berbasis Socio Scientific Issue (SSI) Terintegrasi Flip PDF Corporate Edition pada Materi Biologi Kelas XI Sekolah Mengah Atas. Universitas Negeri Makassar

Kamaruddin, Andi Nurwasiawati (2021) Pengembangan Elektronik Modul s(e-Modul) berbasis Socio Scientific Issue (SSI) Terintegrasi Flip PDF Corporate Edition pada Materi Biologi Kelas XI Sekolah Mengah Atas. Universitas Negeri Makassar. Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ARTIKEL ANDI NURWASIAWATI.K.pdf

Download (877kB)

Abstract

ABSTRAK Andi Nurwasiawati Kamaruddin, 2021. Pengembangan Elektronik Modul s(e-Modul) berbasis Socio Scientific Issue (SSI) Terintegrasi Flip PDF Corporate Edition pada Materi Biologi Kelas XI Sekolah Mengah Atas. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Andi Asmawati Aziz dan A Mushawwir Taiyeb) Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan elektronik modul berbasis socio scientific issue pada materi kelas XI SMA yang valid dan praktis. Jenis penelitian adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan mengadaptasi model pengembangan 4-D yang terdiri dari tahapan pendefinisian (Define), perancangan (Design), Pengembangan (Development), penyebaran (Disseminate). Pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli untuk mengumpulkan data validitas e-modul, serta angket respon guru dan peserta didik untuk mengetahui kepraktisan e-modul. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari sampai April di SMA Negeri 1 Kabupaten Maros. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul berbasis socio scientific issue materi biologi kelas XI semester genap, telah memenuhi kriteria. Selain itu e-modul yang dikembangkan telah memenuhi kriteria validitas dengan nilai validitas 4,77 kategori valid. Memenuhi kriteria kepraktisan dengan nilai respon guru adalah 97,92% dengan kategori sangat praktis dan respon peserta didik adalah 82,85% dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis socio scientific issue yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dan praktis dengan artian bahwa e-modul dapat diterima oleh pendidik dan peserta didik. Kata kunci: Penelitian dan Pengembangan, elektronik modul, socio scientific issue.

Item Type: Article
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 03 Sep 2021 05:28
Last Modified: 03 Sep 2021 05:28
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/20998

Actions (login required)

View Item View Item