PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN MINAT BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 2 BARRU

AMINAH, SITTI (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN MINAT BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 2 BARRU. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Artikel aminah.pdf

Download (1MB)

Abstract

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN MINAT BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 2 BARRU SITTI AMINAH Jurusan Pendidikan Fisika (email : aminahlanca@gmail.com) ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis secara keseluruhan perbedaan kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang diajar menggunakan pembelajaran model pembelajaran inkuiri dengan peserta didik yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional, (2) Menganalisis perbedaan kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Barru yang diajar dengan model pembelajaran inkiuri terbimbing dengan yang diajar dengan model pembelajaran konvensional ditinjau dari minat belajar yang tinggi. (3) Menganalisis perbedaan kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Barru yang diajar dengan model pembelajaran inkiuri terbimbing dengan yang diajar dengan model pembelajaran konvensional ditinjau dari minat belajar yang rendah. (4) Menganalisis interaksi antara model pembelajaran inkuiri terbimbing dan minat belajar terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Barru. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi Eksperimen (eksperimen semu) dengan menggunakan faktorial 2 x 2 dalam bentuk perlakuan bertingkat (treatment by level design). Penelitian ini dilakukan pada kelas XI SMA Negeri 2 Barru semester ganjil. Jumlah sampel tiap kelas sama masing-masing 32 orang, sehingga jumlah keseluruhan sampel sebanyak 64 orang. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Secara keseluruhan, terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran inkuiri dengan peserta didik yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional yang ditunjukkan oleh nilai Fhitung = 87,97 dan Ftabel = 4,00 (Fhitung > F tabel) sehingga H1 diterima, (2) Ditinjau dari minat belajar tinggi, terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Barru yang diajar dengan model pembelajaran inkiuri terbimbing dengan yang diajar dengan model pembelajaran konvensional yang ditunjukkan oleh nilai Fhitung = 26,59 dan Ftabel = 4,00 (Fhitung > F tabel) sehingga H1 diterima, (3) Ditinjau dari minat belajar rendah, terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Barru yang diajar dengan model pembelajaran inkiuri terbimbing dengan yang diajar dengan model pembelajaran konvensional yang ditunjukkan oleh nilai Fhitung = 26,59 dan Ftabel = 4,00 (Fhitung > F tabel) sehingga H1 diterima (4)Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran inkuiri dan minat peserta didik terhadap kemampuan berpikir kreatif kelas XI SMA Negeri 2 Barru Tahun Pelajaran 2020/2021 yang ditunjukkan nilai Fhitung = 2,39 dan F tabel = 4,00 (Fhitung < F tabel). H0 diterima. Kata kunci: Model pembelajaran inkuiri, konvensional, minat belajar, dan kemampuan berpikir kreatif

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 18 Mar 2021 07:35
Last Modified: 18 Mar 2021 07:35
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19559

Actions (login required)

View Item View Item