PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DIMENSI TIGA BERBASIS STEM DALAM PEMBELAJARAN PjBL (PROJECT BASED LEARNING) DI KELAS XII SMA

Heriani, Andi (2021) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DIMENSI TIGA BERBASIS STEM DALAM PEMBELAJARAN PjBL (PROJECT BASED LEARNING) DI KELAS XII SMA. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ARTIKEL ANDI HERIANI.pdf

Download (596kB)

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran dimensi tiga berbasis STEM yang berupa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), buku siswa dan lembar kerja peserta didik (LKPD). Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang mengacu pada model pengembangan 4D yang dimodifikasi dengan tahap define, design, dan develop. Subjek dalam penelitian ini adalah 28 siswa kelas XII MIPA 2 SMA Negeri 8 Wajo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran dimensi tiga ini telah valid, praktis, dan efektif dengan karakteristik sebagai berikut: (1) RPP yang dikembangkan sesuai langkah-langkah Project Based Learning (PjBL) terintegrasi STEM, (2) Tujuan pembelajaran disesuaikan dengan kebutuhan keterampilan abad 21, (3) Materi dimensi tiga diintegrasikan dengan masing-masing bidang STEM, (4) Buku Siswa didesain sedemikian sehingga peserta didik-lah yang akan mencari tahu, menemukan, dan mengkonstruk sendiri materi, (5) LKPD yang dikembangkan berbentuk Lembar Kerja Proyek dan dibentuk menyerupai brosur, dan (6) Terdapat komponen-komponen dan kegiatan-kegiatan yang disediakan untuk melatih kemampuan berpikir dan berliterasi siswa. Kata Kunci: Perangkat pembelajaran dimensi tiga, PjBL, STEM.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 09 Mar 2021 04:53
Last Modified: 09 Mar 2021 04:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19332

Actions (login required)

View Item View Item