PENGARUH GAYA BELAJAR KINESTETIK TERHADAP PRESTASI MAHASISWA PADA PRAKTEK MESIN PERKAKAS JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK MESIN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

HIDAYATULLAH, FAJRIN (2020) PENGARUH GAYA BELAJAR KINESTETIK TERHADAP PRESTASI MAHASISWA PADA PRAKTEK MESIN PERKAKAS JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK MESIN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Artikelnya skripsiku.docx

Download (77kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara gaya belajar kinestetik terhadap prestasi mahasiswa pada Praktek Mesin Perkakas di Jurusan Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Jenis penelitian ini adalah ex-postfacto korelasi. Sampel penelitian ini berjumlah 42 orang mahasiswa yang dipilih menggunakan teknik Nonprobability yaitu sampel jenuh atau sering disebut total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan kuisioner (angket). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji persyaratan analisis dengan menggunakan uji normalitas dan uji linearitas, dan uji hipotesis menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa korelasi Gaya Belajar Kinestetik terhadap Prestasi Mahasiswa masuk dalam kategori rendah yaitu 0,317. Nilai R square (R2) menunjukkan angka 0,101 yang artinya Gaya Belajar Kinestetik dapat mempengaruhi Prestasi Mahasiswa sebesar 10,1% dan sisanya 89,9% dipengaruhi oleh faktor lain diluar variabel penelitian. Nilai koefisien regresi menunjukkan angka -0,853. Karena koefisien regresi bernilai negatif, maka dapat dikatakan bahwa gaya belajar kinestetik berpengaruh secara negatif terhadap prestasi mahasiswa. Uji signifikan menggunakan uji t menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel (-2,116 > 2,018). Hal ini menunjukkan terdapat pengaruh Gaya Belajar Kinestetik terhadap Prestasi Mahasiswa. Karena thitung bernilai negatif, maka Gaya Belajar Kinestetik berpengaruh secara negatif terhadap Prestasi Mahasiswa pada Praktek Mesin Perkakas Jurusan Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS TEKNIK
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 24 Feb 2020 08:21
Last Modified: 24 Feb 2020 08:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17256

Actions (login required)

View Item View Item