Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Synergetic Teaching untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA di MTs. Negeri Pinrang

THAHIRAH, THAHIRAH (2014) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Synergetic Teaching untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA di MTs. Negeri Pinrang. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
THAHIRAH.docx

Download (12kB)

Abstract

ABSTRAK THAHIRAH, 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Synergetic Teaching untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA di MTs. Negeri Pinrang (Dibimbing oleh Tabrani Gani dan Melati Masri) Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Researh and Development) yang bertujuan untuk memperoleh gambaran proses pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA berbasis Synergetic Teaching yang valid, praktis dan efektif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII.1 MTs. Negeri Pinrang sebanyak 25 orang. Prosedur pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model Thiagarajan atau Model 4-D yang terdiri atas empat tahap yaitu tahap pendefenisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Perangkat pembelajaran berbasis synergetic teaching yang telah dikembangkan, telah divalidasi oleh pakar dan praktisi serta telah mengalami revisi sehingga didapakan hasil yang layak digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis synergetic teaching bersifat valid, praktis dan efektif. Perangkat pembelajaran BAPD, RPP, LKPD dan THB berada pada kategori ”valid”. Perangkat pembelajaran dikatakan efektif karena telah memenuhi kriteria keefektifan, dengan hasil: (1) guru mampu mengelola proses pembelajaran dengan kategori tinggi; (2) Siswa mampu menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran, yang terlihat bahwa semua kategori pada aktivitas peserta didik terpenuhi; (3) Hasil belajar seluruh siswa memiliki rata-rata 76,68 berarti tuntas 100%; (4) Pada umumnya peserta didik memberi respon sangat positif terhadap perangkat pembelajaran yang digunakan; (5) Guru memberikan respon sangat positif terhadap perangkat pembelajaran yang digunakan. Perangkat pembelajaran dikatakan praktis karena keterlaksanaan perangkat pembelajaran berada pada kategori terlaksana seluruhnya ABSTRACT THAHIRAH, 2014. Development of Learning Tools based on Synergetic Teaching to Improve Understanding of Science Concept at MTs. Negeri in Pinrang (supervised by Tabrani Gani and Tinggi Melati Masri). The study is a research and development wich aims at discovering the description of development process of scince learning tools based on synergetic teaching wich is valid practical, and effective. The subjects were 25 students of class VII.1 at MTsN in Pinrang. The procedure of development used Thiagarajan model or 4-D model wich consisted of four phases, namely defining phase, design phase, development phase, and dissemination phase. The Learning tools based on synergetic teaching developed had been validated by the experts and practitioners and had revision and obtained feasible product to be used. The results of the study reveal that (1) teachers are able to manage learning process with high category, (2) studens become active in learning process proved by all categories in students’ activity had been fulfilled, (3) learning outcomes of all studens are 76.68 by 100%, (4) in general, students give extremely positive response toward the learning tools used, and (5) teachers give extremely positive response toward the learning tools used. The learning tools are stated as practical because the implementations of learning tools is in completely implemented category.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN KIMIA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Dec 2016 03:43
Last Modified: 06 Dec 2016 03:43
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1585

Actions (login required)

View Item View Item