IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS XII SMA NEGERI 10 MAKASSAR IMPLEMENTATION OF INNOVATIVE LEARNING MODELS

RASMA, RASMA (2019) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS XII SMA NEGERI 10 MAKASSAR IMPLEMENTATION OF INNOVATIVE LEARNING MODELS. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
Artikel Rasma_1351042026_PBSI.pdf

Download (195kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK RASMA, 1351042026. Implementasi Model Pembelajaran Inovatif Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada kelas XII SMA Negeri 10 Makassar. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Bahasa dan Sastra. Universitas Negeri Makassar, 2019, (dibimbing oleh Mayong dan Azis.) Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi model pembelajaran inovatif pada pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas XII SMA Negeri 10 Makassar. Ada dua aspek yang dikaji dalam penelitian, yaitu perencanaan pembelajaran, dan pelaksanaan pembelajaran dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data , dan sumber data diperoleh melalui observasi, RPP, wawancara terstruktur kepada guru, lembar pengamatan pelaksanaan pembelajaran, dan dokumentasi. Analisis data dibagi menjadi tiga tahapan, yaitu: (1) reduksi data (data reduction), (2) penyajian data (data display), (3) verifikasi (conclution drawing). Hasil penelitian yang diperoleh yaitu, RPP yang dibuat oleh guru telah sesuai karena guru sering dilibatkan dalam pelatihan dan sosialisai tentang pengembangan model pembelajaran. Komponen yang terdapat di dalam RPP, yaitu: KI, KD, indikator, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, media pembelajaran, sumber belajar, dan penilian. Metode pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran inovatif yakni discovery dan inquri dipadukan dengan pendekatan saintifik, diharapkan memiliki implikasi terhadap semangat dan motivasi belajar siswa yang disesuaikan dengan kebutuhan pembelajaran. Untuk media pembelajaran, guru lebih sering menggunkan buku paket bahasa Indonesia, internet, dan lingkungan sekitar. Guru tidak menggunakan LCD untuk menyajikan powerpoint pada saat pembelajaran dikarenakan sarana dan prasarana sekolah masih kurang memadai. Guru melakukan penilaian dengan menggunakan tes dan non tes dalam bentuk tertulis maupun lisan, pemgamatan kinerja, dan pengukuran sikap siswa. Implementasi model pembelajaran inovatif dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia disesuaikan dengan RPP yang telah disusun oleh guru, ada dua yakni: (1) model pembelajaran discovery dengan sintak yaitu: (a) sintak problem statement, (b) sintak stimulasi melalui kegiatan menanya, (c) sintak pengeumpulan data melalui kegiatan mengumpulkan data, (d) sintak pengolahan data melalui kegiatan mengasosiakan, (e) sintak verification melalui kegiatan mengkomunikasihkan,: (2) model pembelajaran inqury dengan sintak yaitu: (a) perencanaan/orientasi melalui kegiatan mengamati, (b) sintak mencari informasi melalui kegiatan menanyakan, (c) sintak berbagi/sharing melalui kegiatan mengumpulkan data dan mengasosiakan, (d) sintak mengevaluasi melalui kegaiatan mengkomunikasihkan. model pembelajaran inovatif yang menjadi pilihan guru dalam pelaksanaan pembelajaranya yaitu discovery dan inqury. kedua model tersebut, dianggap tepat digunakan oleh guru bidang studi. Model pembelajaran ini, berpusat kepada peserta didik dan guru juga sama-sama berperan aktif mengeluarkan pendapatnya, mendorong peserta untuk turut aktif dalam kegiatan pembelajaran. Kata kunci : implementasi, pembelajaran inovatif, pembelajaran bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 09 Oct 2019 01:30
Last Modified: 09 Oct 2019 01:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/15115

Actions (login required)

View Item View Item