HUBUNGAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS NARASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SUNGGUMINASA

Ridwan, Nadila (2019) HUBUNGAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS NARASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SUNGGUMINASA. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL NADILA RIDWAN.pdf

Download (130kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK . 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) tingkat penguasaan kosakata Bahasa Indonesia siswa, (2) tingkat kemampuan menulis teks narasi siswa, dan (3) hubungan penguasaan kosakata bahasa Indonesia dengan kemampuan menulis teks narasi siswa. Jenis penelitian adalah ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sungguminasa yang berjumlah 86 orang. Teknik pengumpulan data berupa teknik tes dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri atas: (1) membuat distribusi frekuensi dari skor data skor mentah; (2) analisis statistik deskriptif; dan (3) analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan kosakata bahasa Indonesia dan kemampuan menulis teks narasi memiliki hubungan yang positif dan signifikan. Hasil tersebut berdasarkan dari uji koefisien korelasi (r) yang diperoleh adalah 0,715. Hasil tersebut menunjukkan rhitung 0,715 > rtabel 0,214, hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000, nilai lebih kecil dari signifikansi 0,05 (0,000 < 0,05) sehingga hipotesis (Ha) dalam penelitian ini diterima. Artinya, terdapat hubungan yang signifikan antara penguasaan kosakata bahasa Indonesia dengan kemampuan menulis teks narasi. Kata Kunci: menulis, teks narasi, kosakata.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 22 Aug 2019 05:05
Last Modified: 22 Aug 2019 05:05
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14630

Actions (login required)

View Item View Item