PENERAPAN METODE DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMAN 1 AWANGPONE

SARI, YUNITA (2016) PENERAPAN METODE DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMAN 1 AWANGPONE. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
40 - YUNITA SARI.docx

Download (30kB)

Abstract

Yunita Sari, 1229542006. Penerapan Metode Discovery Learning Dalam Pembelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Awangpone. Skripsi. Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar, 2016. Pembimbing H.Muddassir dan Muh.Yusuf Mappeasse. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode Discovery Learning dalam pembelajaran TIK dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Awangpone. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Awangpone kelas XI IPA 3. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua Siklus, setiap Siklus empat kali pertemuan dengan menggunakan prosedur tindakan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengambilan data yaitu berupa tes, observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar pada awal Siklus yaitu rata-rata 53,75 dengan jumlah siswa sebanyak 16 dengan ketuntasan belajar sebanyak 1 siswa dengan persentase 4,16%, kemudian rata-rata nilai hasil belajar pada akhir Siklus I sebesar 74,32 dengan jumlah siswa sebanyak 22 dengan ketuntasan belajar sebanyak 19 siswa dengan persentase sebesar 79,16%, dan Siklus II rata-rata 80,63 dengan jumlah siswa 24 dengan ketuntasan belajar sebanyak 24 siswa dengan persentase sebesar 100%. Artinya seluruh siswa dikelas tersebut tuntas pada mata pelajaran TIK dengan standar KKM adalah 70.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode Discovery Learning, Mata Pelajaran TIK, dan Hasil Belajar Siswa.
Subjects: FAKULTAS TEKNIK
FAKULTAS TEKNIK > Pend. Teknik Informatika dan Komputer
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Dr Andi Anto Patak
Date Deposited: 02 Jul 2019 03:22
Last Modified: 02 Jul 2019 03:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13829

Actions (login required)

View Item View Item