PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARCS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMAN 1 POLOMBANGKENG UTARA PADA MATA PELAJARAN TIK

SUHARDIMAN, SUHARDIMAN (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARCS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMAN 1 POLOMBANGKENG UTARA PADA MATA PELAJARAN TIK. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
38 - SUHARDIMAN.docx

Download (89kB)

Abstract

Suhardiman, 1229542018, Pengaruh Model Pembelajaran ARCS Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Polombangkeng Utara pada Mata Pelajaran TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) Skripsi. Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar, 2016, Al Imran dan Muh. Yusuf Mappeasse. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh model pembelajaran ARCS terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA pada mata pelajaran TIK di SMA Negeri 1 Polombangkeng Utara, tanggapan siswa terhadap model pembelajaran ARCS. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group desain. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dan angket. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Uji validitas dan uji reliabilitas. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Uji hipotesis menggunakan uji-t. hasil penelitian menunjukkan bahwa pandangan siswa terhadap pengaruh model pembelajaran ARCS berada pada kategori sangat baik. Hasil posttest menunjukkan terdapat perbedaan signifikan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model ARCS dan siswa kelas kontrol yang diajar dengan model konvensional. Penerapan model pembelajaran ARCS mempunyai pengaruh positif terhadap hasil belajar pada mata pelajaran TIK siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Polombangkeng Utara.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model ARCS, Angket, Hasil Belajar.
Subjects: FAKULTAS TEKNIK
FAKULTAS TEKNIK > Pend. Teknik Informatika dan Komputer
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Dr Andi Anto Patak
Date Deposited: 02 Jul 2019 03:21
Last Modified: 02 Jul 2019 03:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13825

Actions (login required)

View Item View Item