Keefektipan penggunaan Tim mengajar dalam pengajaran berbicara pada siswa kelas sebelas SMA Negeri 1 Namlea Kab Buru

SALASIWA, MUHAMMAD NUR (2014) Keefektipan penggunaan Tim mengajar dalam pengajaran berbicara pada siswa kelas sebelas SMA Negeri 1 Namlea Kab Buru. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
MUHAMMAD NUR SALASIWA.docx

Download (14kB)

Abstract

ABSTRAK MUHAMMAD NUR SALASIWA. Keefektipan penggunaan Tim mengajar dalam pengajaran berbicara pada siswa kelas sebelas SMA Negeri 1 Namlea Kab Buru (dibimbing oleh H. Arifuddin Hamra dan M Nasuruddin Sainu.). Tujuan penelitian ini untuk menemukan: (1) untuk mengetahui apakah penggunaan Team Mengajar efektif untuk mengajarkan berbicara pada siswakelas sebelas SMA Negeri 1 Namlea Kab Buru (2) untuk mengetahui apakah siswa tertarik dalam mempelajari Bahasa Inggris khususnya mengikuti kelas speaking dengan menggunakan Tim megajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian desain eksperimen semu. Subjek penelitian ini adalah terdiri atas 60 siswa kelas sebelas SMA Negeri 1 Namlea tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan cluster random sampling dan simple random sampling. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan dua jenis tes: tes berbicara untuk data kemampuan berbicara siswa dan angket untuk data ketertarikan siswa. Data kemampuan bericara siswa dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan inferensial, dan data ketertarikan siswa dianalisis dengan menggunakan skala Likert. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Tim megajar dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara, dan (2) siswa memiliki ketertarikan yang sangat tinggi terhadap penggunaan Tim megajar. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Tim mengajar dalam proses pengajaran sangat efektif untuk diaplikasikan dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa dalam keakuratan, kefasihan, dan pemahaman, dan siswa tertarik sekali terhadap penggunaan Tim mengajar dalam pengajaran speaking. ABSTRACT MUHAMMAD NUR SALASIWA, The Effectiveness of the use of Team Teaching in Teaching Speaking to the Eleventh Grade Students of SMA Negeri I Namlea KabupatenBuru (supervised by H. Arifuddin Hamra and M Nasiruddin Sainu.). The objectives of this research were to find out: (1) whether or not the use of Team-Tteaching technique is effective to improve the speaking skills of the eleventh grade students of SMA Negeri 1 Namlea Kabupaten Buru. (2) whether or not the students of SMA Negeri 1 Namlea Kabupaten Buru are interested in learning speaking through Team Tteaching. This research employed quasi experimental design. The population of this research was the elventh grade students at SMA Negeri 1 Namlea in academic year 2013/2014. The sample of this research was the fourth semester students in academic year 2013/2014 consisting of 60 students. This research used cluster sampling and simple random sampling technique. The research data were collected by using two kinds of instruments namely: speaking test for the students’ speaking skills and questionnaire for the students’ interest. Data on the students’ speaking skills were analyzed by using descriptive and inferential statistics, and data on the students’ interest were analyzed by using Likert scale. The results of the research were: (1) Team teaching can improve speaking skills of the students of elventh grade at SMA Negeri 1 Namlea, and (2) the students were interested in learning English specially for attending the speaking class through the use of Team teaching. It can be concluded that the use of Team teaching in the teaching process is effective to be implemented in improving the students’ speaking skills in terms of accuracy, fluency, and comprehensibility, and the students have high interest toward the use of Team teaching in teaching speaking process.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > BAHASA INGGRIS (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 Nov 2016 06:10
Last Modified: 30 Nov 2016 06:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1341

Actions (login required)

View Item View Item