PENYIMPANGAN SEKSUAL TOKOH DALAM NOVEL SEPERTI DENDAM RIDU HARUS DIBAYAR TUNTAS KARYA EKA KURNIAWAN SUATU ANALISIS SEKS SIGMUND FREUD

Faradilla, Rezky (2019) PENYIMPANGAN SEKSUAL TOKOH DALAM NOVEL SEPERTI DENDAM RIDU HARUS DIBAYAR TUNTAS KARYA EKA KURNIAWAN SUATU ANALISIS SEKS SIGMUND FREUD. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
JURNAL REZKY FARADILLAH.pdf

Download (162kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk-bentuk penyimpangan seksual tokoh pada novel SepertiDendam Rindu Harus Dibayar Tuntas karya Eka Kurniawan Teori Seks SigmundFreud. Peneliti ini bersifat deskriptif kualitatif. Data peneltian ini berupa kalimat paragraf yang di dalamnya terdapat penyimpangan seks dalam teks novel Seperti Dendam Rindu Harus Dibayar Tuntas karya Eka Kurniawan. Sumber data penelitian ini adalah novel Seperti Dendam Rindu Harus Dibayar Tuntas karya Eka Kurniawan yang diterbitkan PT Gramedia Pustaka Utama pada tahun 2014, 242 halaman. Pengumpulan data dilakukan dengan tehnik membaca, pencatatan, pembuatan korpus data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya perilaku menyimpang tokoh dalam teks novelSeperti Dendam Rindu Harus DibayarTuntas karya Eka Kurniawan ada beberapa bentuk penyimpangan yaitu absolutely inverted, masokisme, perversi, occasionally inverted tersebut memililiki makna yang sama yaitu penyimpangan dalam seks tapi berbeda bentuk atau proses penyimpanganya.Novel Seperti Dendam Rindu Harus Dibayar Tuntas tidak hanya menyuguhkan hasrat seksual yang mendominasinya namun ada alegori dalam setiap perisitiwa yang dimuat di dalamnya. Diharapkan agar peneliti selanjutnya dapat menemukan bentuk-bentuk penyipangan seksual yang lebih bervariatif. Kata kunci : Penyimpangan seksual, masokisme, perversi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 17 May 2019 00:51
Last Modified: 17 May 2019 00:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13244

Actions (login required)

View Item View Item