PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS DAERAH PESISIR PADA PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMA NEGERI 16 BULUKUMBA

Aeni, Sri Nue (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS DAERAH PESISIR PADA PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMA NEGERI 16 BULUKUMBA. S1 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
5. ARTIKEL.pdf

Download (80kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) difokuskan pada pengembangan bahan ajar Fisika berbasis daerah pesisir yang valid dan efektif serta responsi positif dari peserta didik. Subjek ujicoba penelitian pada pengembangan bahan ajar Fisika berbasis daerah pesisir adalah peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 16 Bulukumba. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan 4-D oleh Thiagarajan, yang terdiri dari empat tahapan yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran terbatas (disseminate). Bahan ajar yang dikembangkan telah divalidasi oleh dua orang ahli/pakar dengan mendapatkan hasil sedikit revisi, sehingga layak untuk digunakan. Ujicoba dilakukan di SMA Negeri 16 Bulukumba untuk menganalisis respon, efektifitas dan hasil belajar peserta didik terhadap penggunaan bahan ajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan termasuk kategori reliabel dan valid yang diperoleh dari penilaian hasil validasi ahli/pakar. Pemberian angket respon guru dan peserta didik terhadap penggunaan bahan ajar sangat baik dan persentase masing-masing sebesar 91,4% dan 97,3%, sedangkan ketuntasan hasil belajar peserta didik sebesar 89% termasuk kategori tuntas secara klasikal. Oleh karena itu, berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa bahan ajar Fisika berbasis daerah pesisir yang dikembangkan dinyatakan reliabel, valid dan efektif sehingga layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran Fisika. Kata Kunci: Bahan Ajar, Respon, Valid, dan efektif. ABSTRACT This research is research and development focused on developing valid and effective coastal area-based Physics teaching materials and positive responses from students. Subjects of research trials on the development of coastal area-based Physics teaching materials were students of the 11th grade SMA Negeri 16 Bulukumba Science. The development model used in this study refers to the model of 4-D development by Thiagarajan, which consists of four stages namely defining, designing, developing, and distributing limited (disseminate). The instructional materials developed have been validated by two experts / experts with the results of a slight revision, so that it is feasible to use. Trials were conducted at 16 State High Schools Bulukumba to analyze the response, effectiveness and learning outcomes of students towards the use of teaching materials. The results of the study showed that the teaching materials developed included a reliable and valid category obtained from the evaluation of the results of the expert / expert validation. The questionnaire response of teachers and students to the use of teaching materials is very good and the percentage of each of them is 91.4% and 97.3%, while the completeness of student learning outcomes by 89% includes the classical complete category. Therefore, based on the results of this study, it can be concluded that the developed coastal area Physics teaching materials are declared reliable, valid and effective so that they are suitable for use in the learning process of Physics.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Apr 2019 00:43
Last Modified: 05 Apr 2019 00:43
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12858

Actions (login required)

View Item View Item